jump to navigation

US Presidents (Kapan Indonesia seperti ini?) Januari 9, 2009

Posted by Voip Murah in Pendapat.
Tags: , , , , , , ,
trackback

us_pres_450px

Hari ini Jumat Tanggal 9 Januari, saya terkesimah dengan foto yang saya lihat di Harian Media Indonesia, ketika ada 5 orang yang telah menorehkan sejarah di percaturan Negara Adidaya Amerika Serikat bahkan dunia.
Adalah mereka (ki-ka) : George Bush Sn, Barack Obama, Bush Jr, Bill Clinton, Jimmy Carter.  Seharusnya ada 1 orang lagi yaitu Ronald Reagan
Acara ini diadakan di ruang kerja presiden Amerika Serikat Oval Office. Mereka tertawa, jabat tangan, foto bersama diskusi saling bertukar pandangan, yang tua membimbing yang muda dan yang muda hormat dengan yang tua.
namun beliau telah meninggal tahun 2004 lalu

Lihatlah bangsa ini..
Kapankah bangsa kita seperti ini? dimana presiden terpilih, presiden, dan semua mantan presiden duduk bersama tersenyum berdiskusi untuk kemaslahatan rakyat banyak. Dan bukan untuk gontok-gontokan, menghasut rakyat dan sarat dengan mementingkan diri sendiri dan golongannya. Hanya saja sebuah baleho besar terpampang di Bunderan HI yang pernah “menayangkan” presiden-presiden Indonesia tapi itu pun hasil coretan poster bukan foto sebenarnya.

Coba dilihat suksesi kepemimpinan republik ini.

presiden_indonesia

– Soekarno dipecat secara tidak hormat oleh MPRS, kemudian dikenakan tanahan rumah sampai akhir hayatnya. Ada juga yang menyebutkan beliau sengaja diracun dan dibatasi obat-obatannya seakan “dibiarkan” mati berlahan-lahan. Sebuah akhir yang mengerikan.
– Soeharto terpaksa menyerahkan tampuk rezim yang telah dikuasai selama 32 tahun kepada BJ Habibie karena tekanan rakyat. Bernasib lebih baik dari Soekartno, tidak dikenai tanahan rumah, namun sedikit “tersentil” ketenangan hari tua (masa pensiunnya) dari penyelidikan KKN pada yayasan-yayasan binaannya. Akhirnya ajalpun merenggutnya meninggalkan seribu misteri.
– BJ Habibie terpaksa harus mempercepat pemilu dan menyerahkan tampuk kekuasaan karena kurang legitimasi.
– Hari terakhir Gusdur sebagai presiden ditandai dengan ditarik mandatnya oleh Sidang Istimewa MPR yang dimotori Amien Rais dikarenakan ketidaksejalanannya dengan MPR/DPR
– Megawati yang pada waktu itu wapres menyabet opportunity ketika Gusdur “dipecat” dan meneruskan sisa waktu pemerintahan namun “gagal” meneruskan ambisi menjadi orang nomor 1 di republik ini untuk ke-2 kalinya.
– Pemilihan presiden secara langsung oleh rakyat yang pertama, yang dimenangi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) walau acara pelantikannya tidak dihadiri oleh Megawati.

Kapankah rasa sportifitas ini ada di bangsa ini? coba lihat dengan pilkada di daerah-daerah yang sarat dengan demo anarkhis penolakan hasil pilkada dengan ada indikasi kecurangan/pengelembungan suara seperti di Jatim, Sumsel, Maluku, Sumut dan lain-lain.

Bangsa masih muda belia

Akhirnya saya sadar bahwa bangsa ini masih muda belia, baru 60 tahun usianya berjalan, presidenpun baru 6 orang, rasa sportifitas pun tentunya pelan-pelan akan terbentuk seiring dengan makin dewasanya bangsa ini.
Wajar, Amerika Serikat telah berusia lebih dari 400 tahun dan jumlah presiden terpilih sudah 44 orang, tentunya untuk rentang selama itu banyak sekali rintangan dan godaan yang dijadikan pelajaran yang membuat mereka semakin dewasa seperti saat ini.
Mungkin  di generasi kita sekarang hal ini belum ada, namun semoga pada generasi selanjutnya rasa kebangsaan dan sportifitas akan lebih baik,  Amien..

Copyright:
– Foto US_Presidents.jpg di scan dari Media Indonesia Jumat 9 Jan 08
– Foto President_indonesia.jpg diambil dari http://www.andaka.com/images/presiden_indonesia.jpg

Komentar»

1. karishachan - Januari 24, 2009

Amien…
Semua itu juga kan butuh proses. Tapi mudah2an aja kita bisa segera mendapatkan pemimpin yang ideal agar bisa membenahi bangsa ini…

2. Dare devil - Agustus 19, 2009

ya semoga…

3. Cacing Tanah - Desember 12, 2009

Ehm…Rasanya saya Pesimis bangsa kita akan Seperti AS…Sudah banyak Proses pembelajaran dan dan mereka juga sebenar sudah tau apa yang dilakukan ..namun karena ego kekuasaan yang membuat mereka seperti itu
Mau bawa kemana indonesia …Politik tidak dewasa….Moralitas di pertayakan…???…ahhh….

4. anggie hsb - Januari 21, 2010

iyah niy..miris banget liat negara kita..masak presidennya ga pernah akur gimana rakyatnya?
haduuu…indonesia ku, akan jadi apalah 10 tahun dari sekarang??

5. cool - Maret 6, 2010

penulis ini dipastikan tdk tahu apa2 soal politik. jdnya spt anak kecil yg merengek minta mainan.

Ikman - Maret 8, 2010

Iya dong saya rasa ada 240 juta Anak kecil yang merengek minta mainan ke petinggi negeri ini. Sebagai rakyat kami berharap meminta lebih kepada petinggi negeri ini karena kami yang memilih mereka.

6. reka arjai - Februari 22, 2012

eka udah ngerti kok, bisa ambil toko2 dari malasia, spt contoh kita biasa ngabdikan anwar ibrahim sbg calon pemilu akan datang, mohon dilanjutkan partai 31


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: