jump to navigation

Liburan ke Singapura via Batam 10-12 Agt ’07 Agustus 24, 2007

Posted by Voip Murah in Travel.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Tidak seperti tulisan saya terdahulu yang memberikan judul pada suatu perjalanan diawali dengan kata “tips Perjalanan…” kali ini saya hanya bermaksud berbagi cerita kepada teman-teman yang mungkin berencana berlibur karena untuk tips yang lebih lengkap teman-teman dapat menjadikan blog Pak Indra sebagai referensi handal tentang Tips Perjalanan ke Singapura

Singapore

Tiket Airasia
Liburan ke Singapura ini hanya 3 hari yaitu dari Tanggal 10-12 Agustus 2007, sangat singkat memang. Liburan kali ini hanya bermaksud mengajak seorang keponakan yang berulang tahun ke 12 dan tante saya yang sudah lama mempunyai passport namun belum pernah ke pergi ke luar negeri. Kebetulan harga tiket Airasia Jakarta-Batam tidak begitu mahal hanya 130 ribu ++ tax hanya 300 ribuan. Total harga tiket pp untuk 4 orang kurang dari 3 juta (baca :sangat murah)

Jakarta-Batam
Seperti liburan ke Singapura terdahulu kita menempuh perjalanan via Batam untuk menghindari fiskal sebesar 1 juta Rupiah bila berpergian ke luar negeri via Airport Soekarna-Hatta. Pesawat take off jam 6.30 pagi tiba di Bandara Hang Nadim Batam jam 8.10.

Tiket Ferry
Seperti tips dari Pak Indra, akan lebih murah membeli tiket ferry Batam Center (BC)-Harbourfront(HBF) SG di Bandara Hang Nadim, Biasanya ada dua counter yang menjual tiket di bandara ini, namun waktu itu karena masih sangat pagi hanya 1 counter yang buka yaitu di front desk pas pintu keluar arrival. Ada banyak ferry yang melayani rute BC-HBF, antara lain Penguin, Ocean Jade, Wavemaster (terhitung ..) hanya melayani rute Batu Ampar-HBF).
Seperti sebelumnya pilihan kita jatuh ke Penguin karena alasan ferry baru dan lebih besar serta jadwal keberangkatan hampir setiap satu jam. Harga tiket 14 SGD, disarankan membayar dalam SGD karena kalau dalam Rupiah ratenya biasanya lebih mahal. Harga tiket 14 SGD adalah tiket return (pulang pergi) ada 2 bagian tiket, satu akan di sobek pada waktu check-in di BC dan sobekan satu lagi harap di simpan untuk diserahkan pada waktu check-in di HBF pada saat kepulangan. Apabila sobekan tiket ini hilang anda harus membeli tiket one way HBF-BC kembali dengan harga yang lebih mahal sekitar 25 SGD.

Taxi Hang Nadim – BC
Setelah keluar dari pintu arrival telah menunggu taxi, tidak perlu pilih-pilih karena semua tarif taxi sudah fixed. Untuk tujuan Hang Nadim-BC sebesar Rp 70 ribu. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 20 menit dari Hang Nadim ke BC. Kita berusaha untuk menyeberang pada jadwal ferry jam 9.00.

Batam Center (1 7 51.13, 104 3 18.46)

Sesampai di BC langsung check in ke Counter Ferry Penguin dengan menyerahkan tiket beserta passport ke counter Penguin. Kita harus membayar pajak pelabuhan sebesar 3 SGD/ orang. Sekali lagi diusahakan membayar dalam SGD karena kalau dengan Rupiah ratenya lebih tinggi. Petugas counter akan mem-print 2 lembar formulir imigrasi yaitu untuk Imigrasi Indonesia di BC dan satu lagi untuk Imingrasi Singapura di HBF. Kita tidak perlu lagi mengisi formulir karena informasi telah tercetak di formulir tersebut. Masing-masing formulir ini ada 2 bagian yang akan disobek oleh petugas pada waktu keluar dan masuk (re-entry) di Imigrasi BC dan pada waktu masuk dan keluar Imigrasi SG. Seperti halnya tiket agar jangan sampai hilang. Karena bila hilang akan memperlambat proses imigrasi karena kita harus mengisi data kembali pada formulir yang baru.
Setelah itu kita menujuh counter Fiskal yang terletak di lantai dasar pojok sebelah kiri pas di samping bawah escalator yang menuju ruang keberangkatan. Karena kita berempat maka diharuskan membayar 4 x Rp 500 ribu. Namun untungnya keponakan saya belum genap 12 tahun sehingga dia dibebaskan untuk membayar fiskal namun harus melampirkan fotocopy passport. Fotocopy tersedia di bawah escalator kanan dengan tarif Rp. 3000/ passport.
Apabila kita membawa koper dan luggage dapat dimasukkan ke dalam tempat menerimaan bagasi di bawah eskalator di sebelah kanan.

Imigrasi BC
Setelah membayar fiskal, naik ke atas ke ruang keberangkatan kita diberikan tanda bukti fiskal warna kuning yang akan ditunjukkan ke petugas, memasukan tas hand carry ke dalam X- Ray dan menuju counter Imigrasi dimana passport kita akan di cap dan satu sobekan kartu Imigrasi akan diambil dan sobekan lainnya ditinggalkan di dalam passport kita. Diharap untuk tidak meninggalkan sobekan ini karena pada waktu masuk kembali ke Indonesia (BC) kertas ini akan diminta, jika hilang kita harus mengisi baru dan akan memakan waktu lebih lama.

Ferry Boarding
Setelah melewati counter imigrasi kita langsung boarding ke Ferry, pas di pintu masuk ferry, kita diminta untuk menunjukkan boarding pass kembali. Kita dapat memilih tempat duduk sendiri ada 2 deck yang tersedia, dan deck atas untuk smoking area sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Sempatkan untuk melengkapi formulir Imigrasi Singapura pada kolom address asal dan address hotel tempat menginap di Singapura.

Merapat di Halbourfront (HBF) (1 15 48.32, 103 49 12.15)

Setelah perjalanan lebih dari 1 jam, pukul 10.20 WIB atau 11.20 Waktu Singapura kita merapat di HBF setelah sebelumnya perlahan-lahan ferry menyelusuri Sentosa Island. HBF adalah pelabuhan ferry penghubung Singapura dengan BC, Sekupang dan pelabuhan ferry lainnya. Pelabuhan HBF ini juga tergabung dengan mall halbourfront dan stasiun MRT. Setelah disembark dari ferry kita menuju ke counter Imigrasi Singapura. Agak lain kali ini, terakhir saya datang pada Bulan Agustus tahun lalu, banyak polisi yang membawa senapan seakan-akan menunjukan shock terapi, sehingga saya sangat terhina waktu itu (ngerasa aja kayaknya Orang Indonesia seperti teroris), kali ini tidak ada satupun polisi di counter imigrasi. Setelah antri selama hampir 20 menit kita mendapat cap pada passport kita. Pemerintah Singapura mempunyai policy untuk warga negara-negara ASEAN memasuki Singapura tanpa Visa dengan izin tinggal hanya 15 hari yang lazimnya disebut Social Visit. Perlu diperhatikan jangan sampai kita tinggal di Singapura lebih dari batas waktu yang ditentukan karena bisa dianggap sebagai pendatang gelap. Hati-hati juga jangan sampai kehilangan passport, karena urusannya bisa jadi berabe, jika hilang kita harus mengurusi penerbitan passport baru di Konsulat RI di Singapura.

Setelah melewati counter imigrasi, bila kita membawa barang-barang kena pajak seperti cigarette dan minuman beralkohol kita harus “declare” dan membayar pajak tertentu sesuai dengan itemnya. Bila ketahuan kita membawa barang-barang kena pajak dan tidak di declare dan ketahuan di X-ray maka kita akan mendapat penalty dengan lebih besar dari pajaknya. Apabila kita tidak membawa barang kena pajak, kita diminta melewati X-ray dengan memasukkan barang hand carry. Setelah itu kita keluar dan bila membawa bagasi dapat mengambilnya di baggage claim disebelah kiri pintu keluar.

Penginapan

Hal pertama yang dilakukan adalah menuju penginapan. Sesuai dengan referensi dari blog Pak Indra dan Mas Artson, tujuan utama adalah daerah Bugis Junction dengan alasan dekat dengan MRT Bugis, Mall Bugis Junction, dan Makan murah &Souvenir di Bugis Street.
Bugis Junction, 200 Victoria St, City, Singapore 18, Singapore
(1 17 56.46, 103 51 19.14)

Beberapa referensi hotel backpacker

Backpacker Cozy Corner Guest House
490 North Bridge Road, 2nd Floor, Singapore 188736 20-25 SGD/room/orang. Pas di depan Bugis Junction

Ah Chew Hostel:
496 North Bridge Rd+Liang Seah T 68370356, 20 SGD/room/orang Pas di depan Bugis Junction ( 1 17 54.91 N, 103 51 20.51)

LEE HOMESTAY
3rd Floor 490a North Bridge Rd ( 1 17 54.19, 103 51 20.61)
phone 63341608

Semua penginapan di atas ada di Jalan North Bridge didepan Mall Bugis Junction. Sebelumnya untuk memastikan saya cek lokasi via Google Earth (masukan koordinate GPS dan klik, sampai de)
Dari Cruise Center HBF kita menuju ke stasiun MRT yang hanya berjarak kurang dari 300 m masih dalam satu gedung. Rute MRT yang diambil adalah rute North-East (NE) Halbourfront-Punggol, turun Outram park Interchange ( 1 17 1.86, 103 50 18.91)-pindah kereta ke jurusan East-West (EW) Boonlay-Pasir Ris turun di Bugis.

Ah Chew HotelStasiun MRT Bugis terletak di basement Mall Bugis Junction, kita keluar di pintu masuk mall ke Jalan North Bridge, setelah menyeberang jalan kita ketemu Ah Chew Hotel, dimana lantai dasar dan lt-2 dipakai digunakan sebagai restorant. Petugas hotel menawarkan sebuah kamar AC dengan 6 tempat tidur (3 bed tingkat) seharga 60 SGD semalam, akhirnya karena kita menginap 2 malam dapat diskon menjadi 50 SGD semalam (cukup murah). 50 SGD/4 orang hanya 12.5 dollar/malam/orang, dibandingkan dengan bila kita sewa 1 kamar dengan tarif 20 SGD/malam/orang.

Kunjungi icon Singapura

Setelah beristirahat di hotel selama 2 jam, untuk hari pertama hanya mengunjungi tempat-tempat yang menjadi icon Singapura dimulai dari Esplanade (1 17 24.10, 103 51 20.30), Patung Merlion (1 17 12.66, 103 51 16.46 ) & Furlethon (1 17 11.16, 103 51 10.39)
Rute Bugis MRT ambil EW ke Boonlay turun di City hall Interchange, dari City hall ada tunnel atau lebih layak disebut mall ke Esplanade, ikuti saja plang petunjuk pas keluar escalator kita sudah berada di Esplanade. Sembari foto-foto di depan Esplanade, menuju Merlion Park melewati Esplanade Bridge. seperti hampir semua turis yang berkunjung ke Singapura kayaknya “kuduh” untuk berfoto di depan Patung Merlion dengan background Esplanade diseberang kanal dan Furlethon Hotel dan gedung menjulang tinggi di sisi yang lain.
Pemandangan kian indah pada malam hari namun, untuk mendapatkan pemandangan indah dengan bermandikan cahaya lampu kamera harus dilengkapi dengan tripot agar hasil jepretan tidak goyang.

Setelah puas di Merlion Park kita menyeberang kanal di samping Furlethon Hotel, menyelusuri Quay (Jalan setapak dipinggir kanal) sampai dengan Raffles Landing Site 1 17 15.91, 103 51 2.46 (patung “PAK” Raffles) yang di claim sebagai tempat pertama Raffless menginjakan kaki di Singapura.
Dari Raffless Landing site menyusuri Jalan Saint Andrew di Old Perlement Building, Gereja Saint Andrew (1 17 32.74, 103 51 7.80) menuju MRT Station City hall. Dari MRT city Hall kembali ke ke Hotel Ah Chew Bugis Junction. Sebelum naik ke kamar kita dinner dulu di Restaurant Ah Chew dibawah, dengan menu Nasi Hainam + bebek panggang, cukup murah 4 dollar satu porsi, not bad for budget traveller.

Hari ke-2 11 Agustus 2007

Dengan cukup istirahat di hotel semalam, rencana kita hari ini adalah ke Snow city di Jurong East dilanjutkan ke Sentosa Island sampai malam.

Snow city & Science Center
21 Jurong Town Hall Road, Snow City Building
Singapore 609433 (1 20 6.24, 103 44 5.78)
Tel: 6560 2306 Fax: 6560 1297
Email: contact@snowcity.com.sg

Agaknya bagi yang belum merasakan salju atau disuatu kondisi dingin dengan suhu dibawah nol tempat ini dapat dijadikan tujuan. Walau di Mall BSM Bandung juga ada wahana seperti ini.
Dari MRT Bugis ambil Rute EW ke Boonlay, turun di Stasiun Jurong East (1 19 59.94, 103 44 31.96), ambil pintu keluar sebelah kiri ke arah Jalan Jurong Town Hall. Snow city terletak di dalam satu kompleks dengan Singapore Science Center – Omni Theatre. Ketika anda menyeberang di perempatan Jurong Town Hall Road dan Jurong East Central, anda akan langsung melihat Science Center, masuk saja ke gedung ini karena ada tunnel penghubung ke Omni Theatre dan Snow city. Tiket masuk Snow city untuk 1 jam 12 SGD, 2 jam 18 SGD, anak-anak usia 3-12 tahun tidak ada diskon. Harga ini sudah termasuk dengan sepatu boots dan winter jacket. Sarung tangan (gloves) dan celana panjang (jika tidak memakai longpants) disewa terpisah. Tadinya kita mau ambil yang 2 jam, tapi petugasnya bilang, “I would prefer 1 hour, 1 hour it’s enough, cause nothing to do there”. Satu lagi kita tidak boleh membawa kamera ke dalam karena telah disediakan juru foto (Starting November 2006), dan untuk satu buah foto yang diambil (hard or soft copy) harus ditebus seharga 10 SGD (Ambil 5 gratis 1)

Akhirnya kita ambil tiket masuk seharga 16 SGD/orang plus bonus free tiket ke Science Center. Dan memang tidak ada yang istimewa di dalam, aktifitas hanyalah snow sliding menggunakan ban, dan berfoto-foto ria di salju palsu. Suhu ruangan terlihat -7 derajat Celsius. Tapi worthed lha daripada harus terbang ke Jepang atau ke Eropa untuk merasakan salju asli.
Setelah foto-foto di patung es dan rumah eskimo, tidak sampai 1 jam kita keluar dari ruang bersalju, karena memang nggak ada dapat dilakukan di dalam sana. Foto-foto kita di salju dapat ditebus seharga 10 SGD per lembar (hardcopy atau softcopy), 3 lembar foto yang di ambil gratis 1. Harga foto hampir sama dengan tiket masuk.
Science center terletak bersebelahan dengan snow city & Omni teather. Sangat educatif untuk anak-anak dimana mereka belajar sambil beraktifitas mulai dari Ilmu Fisika, biologi, and ilmu pengetahuan lainnya. Waktu telah menunjukan pukul 2 siang, kita melanjutkan perjalanan ke Sentosa Island kembali ke Stasiun MRT Jurong East

Sentosa Island

Dari Stasiun MRT Jurong East ambil Rute EW ke Pasir Ris, turun di Outram Park Interchange ambil Rute NE ke Harborfront. Tujuan hampir sama dengan kalau kita mau pulang ke Batam.
Dari Stasiun MRT Harbourfront naik ke lantai atas Mall Harbourfront terus ke belakang. Di Cruise Center information desk dapat dibeli tiket Cable Car (gandola seperti di Ancol & TMII). Tiket PP Harbourfront-Sentosa Island pp, 16 SGD Standard cabin, dan 20 SGD untuk full glass (sehingga kita bisa melihat sekeliling dan ke bawah cabin). Cable car bertolak dari Cable Car Tower, 1 Harbour Fron, Bukit Merah (1 15 51.65, 103 49 7.58), Lt.11 dengan menggunakan lift dibelakang tiket counter. Tiket dapat juga dibeli di Tiket Counter di lobby gedung. Ada 2 lembar tiket pergi dan pulang, agar jangan sampai hilang atau terjadi, daripada kita harus membayar lagi tiket pulang nanti.
Satu cabin bisa ditumpangi maximal 6 orang. Agak takut memang ketika gandola meluncur di ketinggian 30 m di atas laut menuju Sentosa Island. Kanan kiri kita bisa menyaksikan pemandangan kota Singapura dan Pelabuhan Ferry Harbour front. Kurang dari 10 menit kita sudah sampai di Sentosa Island tepatnya di Imbiah Look out (1 15 30.12, 103 49 4.23) tempat paling tinggi di Sentosa Island.

Luge & Skydiver
luge2.jpg Luge adalah permainan seperti go-cart tanpa mesin yang menuruni bukit dari Imbiah Look out ke Pantai Siloso. Sedangkan Skydiver seperti vice versa dari luge, yaitu menaiki kereta gantung dari pantai kembali ke bukit.
Tarif untuk 1 ride luge atau skydiver adalah 6 SGD, Namun ada paket keluarga untuk 8x luge dan Skydiver (sharing) dengan harga 46 SGD (lebih murah).

Pantai Siloso
Tidak ada istimewa di sini hanya pantai buatan dengan pasir yang diimport dari Indonesia (soalnya pas saya lihat dipasirnya masih ada label “Made in Indonesia”😦 ). Hanya ada pemandangan indah, penduduk lokal dan turis yang berpakaian seksi tapi tidak seheboh Bali.

Underwater World (1 15 30.85, 103 48 40.60)
Masih di pantai Siloso anda dapat menyaksikan keunikan dunia bawah laut. Namun tidak lebih wow dari Sea World Ancol. Tarif masuk 19.90 SGD (SGD), 12.70 SGD (children), tiket ini juga termasuk melihat lumba-lumba di Dolphin bay.

Bike Rental
Sepanjang Beach Siloso Road anda dapat rental sepeda (5 SGD/jam) sambil menikmati suasana pantai.

Song of the sea (1 14 49.98, 103 49 26.55)
song_sea.jpg Wahana baru di Sentosa Island berlokasi di Siloso Beach di depan Beach Station. Sebelumnya wahana ini berlokasi di Magic fontain.Tiket masuk 6 SGD dengan waktu pertunjukan 2 x tiap Pukul 19.30 dan 20.30 (20 menit). Karena waktu itu malam minggu dan memang waktu liburan (Bulan Agustus), kita antri cukup lama. quite manifique, opera dengan kecanggihan 3-D berlayar air mancur. Setelah pertunjukan kita bertolak kembali ke harbourfront via cable car-kembali ke Bugis dengan MRT.. capek..

Hari ke-3 12 Agustus 2007

DHL Baloon Ride (1 17 56.33, 103 51 23.35)

dhl.jpgKita dapat naik ke atas udara setinggi 150 meter atau setingkat gedung 40 lantai, menyaksikan pemandangan indah kota Singapura.
Lokasi di Tan Quee Lan Street pas di seberang Bugis Junction dekat Ah Chew Hotel.Tarif SGD 23 adults, SGD 13 children (3 to 12 years), SGD 2 children below 3 years.
Namun waktu kita datang jam 11 pagi wahana ini dihentikan sementara karena alasan angin kencang. Mungkin di agak sore baru dapat terbang namun semuanya tergantung cuaca.
Tips agar tidak terlanjur datang ke Bugis lebih baik telepon dulu ke wahana ini sebelum datang ke +65 6338 6877.

Little India
Sekedar melihat-lihat orang keling di sana, sambil makan siang di restoran India makan Curry dan Roti Prata di Dunloop Street

China Town
Hari ini kita mengunjungi China Town untuk beli souvenir kecil-kecil dan kaos sebelum bertolak pulang ke Batam. MRT Bugis- Outram park-pindah Rute NE ke Punggol.

Pulang ke Harbour front
Di sarankan untuk datang 1 jam sebelum keberangkatan ferry ke Batam. Sebelumnya kita harus check-in ulang ke counter Penguin dan diberi kartu boarding, membayar tax sebesar 12 SGD/orang, melewati Imigrasi untuk dicap passport dan menunggu panggilan boarding ke ferry di ruang tunggu. Kita bertolak ke BS pukul 5.10 pm

Batam Center-Hang Nadim- Cengkareng
Ferry tiba di Pukul 5 (1 jam perjalanan minus 1 jam) Dengan tergesa-gesa kita menuju Bandara Hang Nadim, namun seperti biasa Airasia selalu delay. Pesawat take off menuju CGK jam 7 pm padahal ETD pukul 6.10 pm.
Tiba di CGK pukul 9.00 terus pulang de ke rumah, walau perasaan masih di Singapura.
OK see you on next travel🙂

Pranala terkait

Komentar»

1. Johanna - Agustus 24, 2007

Mas, untuk penginapan yang disebut diatas, apakah aman untuk anak-anak? Karena saya berencana pergi, masih mikir dengan penginapan yang aman untuk anak-anak tapi dengan harga murah. Tks

2. Ikman - Agustus 24, 2007

#1 Johanna
Aman kok, lagian umumnya di Singapura semua tempat aman, cuma biasanya kamar-kamar penginapan terletak di lantai 3&4 jadi harus melewati tangga, jadi agak riskan bila kita membawa anak balita, tapi dengan pengawasan dari ortu semuanya jadi aman kok, ketimbang kita harus menginap di hotel bertarif 2 juta/malam🙂

3. Cony - Agustus 26, 2007

tambahan:
Ticket MRT bisa di beli di setiap station, untuk lebih murah lagi sebaiknya pake kartu MRT yang isi ulang jika kita pakai trasportasi ini sering. Seandainya kepepet jg, taxi di Singapore terhitung murah tergantung kapan anda pakai jasa taxinya, kalo pick hour dan mid night itu lebih mahal sedikit, basic chargenya.
Jika anda punya passport keluar-an dari Imigrasi Batam, its free fiskal dari Batam ke Singapore….selamat berlibur

4. Ikman - Agustus 27, 2007

#3, Cony
terima kasih infonya sangat membantu🙂

5. Kathy - September 24, 2007

Mas, berkaitan dengan ferry, apakah pada saat kita membeli tiket ferry di Bandara, tiket tersebut sudah ditentukan waktu keberangkatan atau pulang? atau tiket tersebut open, jadi kalau kita mau pake besok masih bisa?

tks untuk informasinya

6. Ikman - September 24, 2007

#.5 Kathy
Untuk tiket ferry go & return semua open tiket, jadi kita bisa kapan saja berangkat ke SG dan pulang ke BTM

7. halllas@ - Oktober 4, 2007

mas..exp’nya boleh juga tuchh…kapan2saya mau kesana christmas x ya biar dapet yg murah2 donk..tahnks

8. Ikman - Oktober 9, 2007

#7 halllas@
Ok de ditunggu ceritanya abis liburan

9. jo - November 28, 2007

mas kalau mau izin tinggal yang ditempel di mal-mal itu apa benar?
menghubungi ke mana dan bahaimana caranya untuk urus izin tinggal thanks ya
jo

10. Ikman - November 29, 2007

#9 jo
Mungkin bisa baca blog pak Indra ttg policy di Singapore
http://ip.sg.or.id/ http://ip.sg.or.id/2006/05/03/tips-dan-trick-ke-singapura-lewat-batam-1

11. riena19 - Desember 11, 2007

mas Ikman,
kalo nginap didaerah Bugis junction trus mau ke Orchad road atau tempat2 yang orang2 indo shopping itu jauh gak?

selain penginapan yang mas Ikman sebutkan diatas ( Ah Chew Hotel) ada referensi yang lain lagi gak mas ? Dan juga selain Air esia, ke batam penerbangan apalagi yang harga tiketnya murah meriah (tapi aman gitu lho……)
ok trims untuk infonya.

12. Ikman - Desember 12, 2007

#11 riena19
Terakhir aku di Hawaii hostel di Bencoleen, gk jauh bugis, harga 10 dollar/bed di dorm, bisa hemat lagi.
Untuk pesawat byk Lion, Batavia, Sriwijaya, Adam air, tiket price tergantung dengan peak season atau low, untungnya air asia bisa booking jauh2 hari lebih murah🙂

13. Riena 19 - Desember 18, 2007

Mas Ikman,

Trims untuk infonya. Saya dan kel ingin ke Singapore dan coba via Batam biar agak ngirit….
Oh ya, untuk hotelnya apa kita harus booking dulu dari Jakarta atau gimana ? apa kalo kita datang langsung selalu ada kamar dan apa ratenya sesuai dengan misal kalo kita booking via inernet? kalo ingin tau no telp hotel2 itu buka situs apa ?

Sekali lagi trims banget….

14. Ikman - Desember 19, 2007

#13 Riena 19
Karena hotel di singapore tergolong losmen, biasanya langsung saja datang, atau bisa ditelepon langsung dibooking aja
di tulisan saya di atas ada nomor telepon yang bisa ditujuh🙂

15. Dandi - Desember 26, 2007

Mas Ikman, numpang lewat. Saya mau nawarin tiket ferry Batam-Singapura, Batam Fast. Dulu belinya kebanyakan..8-) Hanya SGD14. Yang pp ada 6 lembar saja. Kalau minat, hub/sms saya di (65) 96939113. Mau ambil di Batam atau Singapura, silakan saja, karena tiap akhir pekan saya di Batam. Kalau weekdays di Singapura. Trims sebelumnya.

16. Mei Ling - Desember 27, 2007

Mas Ikman, saya mau berbagi pengalaman sekalian curhat nih…..

Pada tanggal 26 Desember 2007 rombongan saya menggunakan jasa Batamfast untuk jalur Harbourfront-Batam Center. Antrean sudah sangat penuh. Sehingga jadwal awal meleset, jadwal kedua meleset, dan jadwal ketiga (jadwal paling mepet karena harus memburu pesawat) menjadi satu2nya harapan kami. Jika gagal dapat yang ini, berarti semua tiket kami akan hangus. Seorang adik manis yang antre di belakang saya memahami kebingungan dan kecemasan saya yang baru pertama kali memakai jalur transpor di situ. “Kak, betul antre tiket di sini,” katanya ramah. Kami langsung jadi akrab dalam hitungan detik dan saling bertukar pengalaman.

Untunglah Tuhan membantu dan kami bisa masuk dalam jadwal tersebut. Bapak pimpinan melayu yang ada di situ pun sangat ramah. Dia menanyakan jadwal keberangkatan saya dan seorang petugas chinese (yang sebenarnya bukan bagian tiket) diminta untuk melayani. Petugas inipun sangat ramah dan dengan cepat membuat tiket kami. Kelihatannya dia buru-buru akan pergi, tapi tetap melayani pertanyaan saya dengan ramah.

Sementara saya mengurus tiket, koper kami antrekan dibagian bagasi ferry sesuai petunjuk salah satu petugas di situ. Petugas itu bilang, kami harus segera mengantre. Jika terlalu mepet, tidak akan keburu masuk ke bagasi, dan itu berarti kami harus menyeret koper-koper tersebut. Sangat merepotkan, apalagi ada manula dan anak-anak bersama kami.

Sambil mengantre, kami memberi kesempatan bagi mereka yang berangkat jam 9.35 untuk masuk duluan. Setelah merasa cukup, tibalah giliran kami. Melihat jadwal keberangkatan yang 10.50 petugas wanita di counter sebelah kiri yang rambut pendek dicat sebagian pirang langsung menolak sambil menghela napas. “Ini masih jam 10.50. Nanti sana!” dengan raut wajah tidak suka. Apa karena kami bertampang orang tionghoa? Salah satu dari kami bertanya jadi kapan bisa check in bagasi. Lagi-lagi dijawab dengan ketus, “Tidak baca pengumuman harus satu jam sebelum keberangkatan?!” sambil menuding ke suatu arah yang sampai sekarang tidak saya lihat (saking kesalnya). Astaga, dalam kondisi seramai itu di mana semua petugas nyaris sibuk, semua orang lalu lalang, bagaimana kami bisa tahu? Apalagi petugas yang lainnya tadi menyarankan kami cepat mengantre.

Maka semua koper kami seret ke tepi. Ayah saya langsung berinisiatif mengantre kembali di urutan terakhir. Kemudian ada rombongan seorang bapak dengan keluarga besar dan barang2 bawaannya. Kelihatannya ayah saya kasihan, dan menyuruh mereka mengantre di depan kita. Alasannya, bapak itu bawa anak-anak kecil. Ya, sudahlah, buat saya tidak masalah walau kami juga membawa anak-anak kecil.

Giliran bapak di depan kami maju, petugas berambut pirang tadi menanyakan jadwal keberangkatan ferry, dan dijawab 10.50. Itu berarti belum saatnya masuk. Karena mulut wanita itu sendiri bilang, “Satu jam sebelum keberangkatan!” Ternyata dia menjilat ludahnya sendiri. Setelah bingung sebentar (mungkin malu pada kami). Dia membiarkan rombongan besar itu masuk, sehingga adik saya berkomentar, “Kok dia bisa masuk?” Ya, sudahlah. Tak masalah, yang penting kini giliran kami harus masuk. Maka saya meminta koper-koper segera diantrekan ke dekat ayah saya.

Melihat kami mengantrekan koper. Petugas wanita itu lagi-lagi tidak suka. “Jangan angkut koper di situ! Menghalangi orang jalan!” Padahal hanya menghalangi sebentar (beberapa detik saja) untuk beberapa orang terakhir sisa rombongan Bapak di depan tadi. Wanita itu menggeleng-gelengkan kepalanya, “Astagfirullah… astagfirullah.” Seolah kami orang yang tidak tahu diri. Andai dia malu karena telah menjilat ludahnya sendiri, tidak perlu salah tingkah dan overacting begitu. Apalagi menyudutkan kami. Apa belum cukup dosanya???

Dan sungguh di luar dugaan, bapak yang tadi kami beri kesempatan antre di depan kami juga berujar kata yang sama sambil tersenyum, ikut menggeleng-gelengkan kepalanya, mendukung keputusan petugas wanita tadi. Mereka bergunjing seakan kami tadi sudah diperingatkan mengantre, tapi menyerobot antrean. Ya, ampun…….. untuk kali ini saya benar-benar tidak tahan. Saya maju ke counter dia dan bilang, kalau saya menyuruh ayah saya mengantre sedari tadi. Ayah saya juga berteriak saking kesalnya, “Saya sudah membantu orang, kok malah dimakan!” (kok malah dimarahi sama petugas dan dipergunjingkan maksudnya).

Sungguh disesalkan perbuatan mereka. Apalagi untuk bapak yang sudah kami tolong untuk antre duluan. Seharusnya dia membela kami di depan petugas itu, bukan malah ikut menyalahkan kami. Ada pepatah Jawa bilang, “Ditulung malah mentung” artinya, sudah ditolong malah mementung orang yang menolong. Air susu dibalas air tuba. Seorang saksi, pemuda cakep hitam manis (cocok deh jadi pemain sinetron) yang antre sejak kami datang karena dia dapat jadwal jam 12-an ikut mengetahui kebobrokan akhlak bapak tadi. Sampai dia berkomentar, “Jahat bapak itu.” Tidak perlu cari muka dan jadi penjilatlah hanya untuk tampak lebih baik dan mendapatkan pelayanan lebih baik.

Akhirnya counter di sebelah kanan dibuka. Ketika bapak itu pergi, saya tak sudi dilayani wanita gila itu lagi walau tempat dia kosong. Saya lebih memilih wanita India berkulit gelap berambut hitam berkaca mata yang dengan baik melayani kami dalam bahasa Inggris. Tanpa banyak bicara, atau jaga image, dia cepat melayani kami. Sungguh sangat berbeda dengan wanita dicat pirang yang sok jadi bule selebritis tapi judesnya melebihi Mak Lampir.

Saran saya untuk perusahaan Batamfast, berhati-hatilah terhadap petugas yang kasar semacam itu. Bisa menurunkan citra perusahaan Anda. Andai kami tidak tahu prosedur yang benar, berilah penerangan yang ramah. Bukan dibentak dan diberi kata-kata yang menyakitkan hati.

Untuk Bapak pimpinan melayu di bagian ticketing, petugas chinese bagian tiket, serta wanita India bagian bagasi, saya beri 2 acungan jempol ke ATAS. Andai mungkin, akan saya beri 10 acungan jempol ke atas. Untuk petugas berambut pirang yang cantik, anda saya beri satu saja acungan jempol tapi…….ke… BAWAH.

17. Ikman - Desember 27, 2007

#15 dandy
ok mungkin teman lain ada yang tertarik

#16 Mei Ling
Ok TQ atas ceritanya, sangat membantu🙂

18. Mike - Januari 1, 2008

Well, berangkat dari Batam (lewat laut), emang Fiskal jadi berapa?
500rb kan?
Worth gak sih? kan lebih ribed?
blm lagi harus mengalami hal2 yg menjengkelkan kayak yg terjadi pada Cik Mei Ling.

Kalo 4 org ato lebih, oke-lah, penghematannya cukup besar…
tapi kalo cuman berdua, mending via Sukarno-Hatta kayaknya?

19. Ikman - Januari 2, 2008

#18 Mike
fiskal via pelabuhan laut : 500 rb, iya si kalo memang pergi ber2 dan dapat tiket lebih murah via Soekarno-Hatta kenapa tidak, tapi fiskal + airport tax 1,1 juta

20. tiur - Februari 1, 2008

Pak Ikman, kami rencana mau ke singapore bln maret, boleh tau ga no telp hotel ah chew hotel nya ? supaya saya bisa booking dari sekarang, maklum pada saat kami berangkat, sedang masa libur panjang (long week end), tolong di bantu ya pak ikman, kami lagi kebingungan mau nginep dimana, thanx

21. Ikman - Februari 1, 2008

#20 tiur
Ah Chew Hostel:
496 North Bridge Rd+Liang Seah phone +65 68370356

22. nanda - Februari 6, 2008

pak ikman, mau tanya donk.
klo pemegang paspor riau bebas fiskal ya?klo memang iya, apa yg dibutuhkan pada saat di imigrasi. saya pemegang paspor riau, tapi baru pertama kali akan melakukan perjalanan ke luar negeri. rencananya mo kesingapura akhir bulan ini.
terima kasih sebelumnya pak

23. Ikman - Februari 7, 2008

#22 nanda
untuk Password Riau dan KEPRI bisa bebas fiskal, tapi bisa di cek lagi ke imigrasi

24. nanda - Februari 7, 2008

terima kasih pak atas penjelasannya

25. dewi - Februari 8, 2008

thanks bgt buat bagi2 ceritanya. jadi tau lebih banyak! mau ke singapuuuur!

26. james - Maret 2, 2008

mas kl untuk tujuan berobat ke singapura apakah harus dilaporkan juga? ada dokumen lain yg harus dilengkapi nggak?

27. Alief - Maret 15, 2008

Mas saya rncna k s’pore via batam dgn tema budget travel
Misalnya kalau saya nginap d hostel yg dorm gitu kira2 barang2x gmn?soalnya saya tdk backpacker tp membawa koper
Mas sudah mencoba atraksi sin yg br blm yg kyk the london eye itu?kalau tdk salah tempatnya di dekat marina.
Terimakasih.

28. Ikman - Maret 17, 2008

#24 Nanda & 25 dewi
Ok de terima kasih kembali

#26 James
Gk usah bilang aja holiday, kecuali kalau patien itu di kursi roda atau di tandu pasti akan ditanyakan tujuannya, gk mungkin dong alasannya holiday tapi orangnya kelihatan sakit

#27 Alief
Meski di dorm disediakan locker, tapi kunci gemboknya dari kita untuk barang2 besar bisa dititip disana tapi barang2 kecil seperti passport, dompet, camera hp dll harus dibawah serta
Ya London Eyes juga ada di Singapore yaitu Singapore Flyer di Marina bay, detail di sini http://www.visitsingapore.com/publish/stbportal/id/home/what_to_see/themed___other_attractions/singapore_flyer.html

29. Julie - Maret 21, 2008

Kalo price MRT di Spore itu berapa sich mas Ikman? Trus apa2 aja benefitnya?

30. nassya - April 14, 2008

Untuk naik MRT kita beli EZ Link aja, selain dapat digunakan untuk naik MRT juga bisa digunakan untuk naik Bus. Keuntungan lainnya kalo kita menggunakan EZ Link untuk naik Bus, tarifnya menjadi lebih murah dibanding kita bayar Tunai, apalagi kalo kita nggak ada uang pas, jangan harap dapet kembalian deh!!!
Harga pertama kita beli EZ Link adalah USD 15, perinciannya USD 3 biaya penggantian Karu, USD 5 untuk Deposit sisanya USD 7 itulah saldo yang kita miliki, kalo habis tinggal isi ulang aja. EZ Link dapat dibeli disetiap Station MRT.
Cukup Jelas kan penjelasan dari saya???

31. ERICK FEBRYAN - April 21, 2008

Sebelumnya mohon maaf, saya mau tanya…
Niat saya mau ke Singapore, mau nyebrang lewat Batam, biar irit. Maklum Mahasiswa.
Tetapi saya baru pertama ke Luar Negeri, apa gak ditanya macem-macem saat mau nyebrang ke Singapuranya di imigrasi singapore????Takut dikira TKI gitu. lagian paspor saya masih kosong momplong….
Oh iya apa yah yang ditanya imigrasi di INDO or Di SIN apabila kita baru mau ke LN!!!
Trik apa saja buat ngindarin inceran si Imigrasi???Boleh bawa Koper kan mas lewat kapal???Soalnya kalau tas ransel susah…heheheh
Tempat2 yang perlu dikunjungi apa aja yah mas, Selain Melion dan Orchad Road???Kalau masuk tempat wisata biaya berapa yah mas?misal ke Nigh Safari…Kalau di SIN ada kayak DUFAN juga gak sih???dimana???Berapa biayanya???
Sekali lagi mahasiswa yang harus irit dan rajin menabung…hahaha
sekalian mas kalau mau Johor Baru, naik bis atau nyebarang sih???Berapa yah biayanya…DAn gimana sih imigrasi malaysia apa mereka galak dan selalu melihat Indonesian People as TKI,apa gak takut yah nyebrang ke Malaysial???coz kemarin liat TKI pada disiksa dan masuk penjara disana gara-gara urusan imigrasi….
reply yah mas,,, trim.,……
atau sapa aja yah tahu deh…

32. nassya - April 21, 2008

ntuk Erick aku bantu jawab deh,
Kalo kelengkapan Administrasi kamu dah lengkap, ya kamu ngga usah takut bakal ditanya macem2, kecuali kamu masuk secara Ilegal.
Pertanyaan yang Biasanya diajukan adalah dimana kamu akan menginap, kita tulis di Form-nya, kalo kamu belum tau akan menginap dimana, maka pertanyyaan selanjutnya adalah berapa Budget/uang yang kamu miliki untuk penginapan, jadi sebisa mungkin kamu harus sudah tau dimana kamu akan menginap, itu bisa menghindari pertanyaan lainnya. Maklum terakhir saya kesana imigrasi disana agak2 ketat untuk pendatang Pria dari Indonesia.

33. nassya - April 21, 2008

ntuk Erick aku bantu jawab deh,

Koper, Backpack, dll selama ngga ada barang2 yang dilarang seperti Narkoba, dsb ya GPP koq. Jangan terlalu Khawatir lah.

Moga bisa jadi sedikit masukan buat kamu. Thxs

34. Erick febryan - April 23, 2008

ok mba nassya////
thanx banget yah…
mba, boleh tanya lagi yah…
kalau saya belum booking hotel untuk stay di singapura dari indonesia…
saya kepengin booking hotel pas disana aja…milih2 gitu…
tapi kata temen-temen di blog itu, kalau kita dikapal pas mau nyebrang ke Sin harus ngisi kertas imigrasi gitu…
misal alamat kita akan tinggal disana dimana, hotel mana???
kalau saya belum booking…boleh gak yah boong nulisnya…
ngomong aja misal di hotel X di luky plaza///
thanx yah…

35. Erick febryan - April 23, 2008

ok mba nassya////
thanx banget yah…
mba, boleh tanya lagi yah…
kalau saya belum booking hotel untuk stay di singapura dari indonesia…
saya kepengin booking hotel pas disana aja…milih2 gitu…
bukannya udah di cetak pas di imigrasi batam???
misal iya kita harus ngisi sendiri, misal
ada pertanyaan kita akan tinggal disana dimana, hotel mana???
kalau saya belum booking…boleh gak yah boong nulisnya…
ngomong aja misal di hotel X di luky plaza///
lagian hotel yang mau saya inepin dah tau di jalan apa dan berapa biayanya…
itu gimana mbak…kita asal nulis aja dulu….
thanx yah…

36. nassya - Mei 26, 2008

Halo Erick, sory ya aku baru sempet balas kamu.

To: Erick,

Kalo kamu memang blom tau mo tinggal dimana selama di Singapore, biasanya petugas imigrasi tanya berapa Budget/Uang yang kamu punya untuk sewa hotel. Tapi kalo kamu mau boong, wah aku ngga tau ya, cuman waktu aku dulu aku memang ada kerabat disana, tapi dia juga ngga ngecek tuh betul atau ngga-nya kita tinggal. Ya intinya kalo kamu memang berani ya bilang aja seperti yang kamu mau, yang penting jangan ampe ketauan kalo kamu boong, soalnya Image orang Indonesia dimata mereka itu jelek, like criminal…lagian kalo sampe ketauan jadi ribet urusannya.Oke deh Erick segitu dulu ya Informasi dari Aku.

37. lusi - Mei 29, 2008

Salam kenal

Saya lusi, Apakah bapak tau untuk jadwal fery batam – singapura terakhir jam berapa? APakah harus antri 1 jam sebelumnya? soalnya pesawat kami jam 16.30 dr jkt menuju Btm. Terimakasih sebelumnya.

38. Merlina - Mei 29, 2008

Dear Pak Ikman,

Pak, saya di singapore selama 5 hari dengan 4 dewasa dan 2 anak( usia 6 bln dan 2.5 th),
1. Mohon sarannya sebaiknya kemana aja untuk jalan-jalannya slm
4 hari untuk rute-rute yang searah dan naik apa klu saya dari mandalay road karena akan menginap di apartemen tersebut.
2. klu saya ingin ke johor bahru dari mandalay road naik bus apa yah?
karena saya ingin 1 hari ke johir bahru.
3.Saya lihat di brosur city tour menggunakan hipo duck sedang promo.
apakah sebaiknya jalan sendiri or ikut tour?

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya

39. Laurentia - Juni 13, 2008

Salam kenal,
Saya Laurentia,
Pengalaman saya lewat Batam.
20 Dec ’07, Saya dan keluarga mencoba ke singapore lewat batam kami ber 5, itung itung buat hemat 2juta karena fiscal 500rb/orang.
Jangan lupa disiapkan foto copy passport untuk anak dibawah 12 tahun buat bebas fiscal.
Pesawat kami mendarat sekitar 17:00 an
Setelah ambil begasi kami menuju pangkalan taksi untuk ke terminal ferry batam center, supir menolak pake 1 taxi katanya max 4 orang/taksi. padahal satu anak kecil 11 tahun. terpaksa kami pakai 2 taxi, jadi bayar 140rb untuk 2 taxi ke batam center.
sampai di terminal ferry, minta ampun, penuh sesak orang yang antri mau kesingapore, kami antri di counter Penuin yang katanya lebih bagus. waktu antri kurang lebih 1 jam, petugas mengatakan jadwal ferry sudah penuh hari ini padahal last ferry ada jam 21:40, kami pindah lagi ke Batam fast, jadwal juga sudah penuh, kami bingung dan terpaksa menginap semalam di Batam. Besok paginya jam 07:00 berangkat ke terminal ferry dan ternyata cukup banyak orang juga yang sudah datang. akhirnya kami berangkat sekitar jam 10 pagi ke singapore.
Mau menghemat malah capek dan banyak waktu yang terbuang.

Kebetulan saya di kenalkan teman yang juga pernah ke singapore lewat Batam, dan menyarankan menggunakan jasa antar jemput dan membantu untuk pengurusan ferry hingga keberangkatan.
Bulan 11 Mei 2008, kami kembali ke Singapore lewat batam, dan menggunakan jasa antar jemput.
kami membayar jasa jemput 100rb/mobil + uang jasa SGD.1/orang buat pengurusan ferry. ( 5 orang cuma bayar SGD.5 ).
Sampai batam sudah ada yang jemput pake mobil Innova, apalagi kalau lebih dari 4 orang lebih murah dari taksi. di terminal ferry, kami tidak perlu antri, semua sudah diurus, tinggal bayar fiscal ke imigrasi dan masuk ke ferry untuk keberangkatan..

Saran saya kalau ke singapore lewat Batam saat peak season,
1. Usahakan naik pesawat yang pagi, untuk menghindari kepadatan
antrian. kalau berangkat agak sorean bakal kesulitan untuk bisa
berangkat hari itu juga, karena banyaknya orang yang akan
kesingapore lewat batam.
2. Pakai jasa jemput dan pengurusan tiket akan lebih praktis dan
hemat waktu, terutama pada saat peak season. ( Liburan sekolah,
lebaran, Natal dan tahun baru , dll )

Begitu informasi dari aku, semoga informasi berguna

Lauren

40. christin - Juni 21, 2008

Nebeng nanya nih Mbak Laurentia, gimana caranya untuk penjemputan/ jasa jemput? bisa minta telpon/hp nya, thanks berat
Christin

41. Laurentia - Juni 23, 2008

Coba kontak ke Maria
Hpnya 08127011966, akan dibantu mulai dari penjemputan di Airport sampai keberangkatan diterminal ferry. gak perlu antri, boarding sudah di urus sebelum kita sampai di Batam.
perlu konfirm, terutama pas liburan atau peak season.

42. muliadi - Juni 25, 2008

jalan-jalan pas liburan ini dimana yang paling enak ya……. terutama di kota medan…..

43. nunu - Agustus 28, 2008

kalo info soal on the job training di hotel resort Singapura ada ga?

44. orchid - Agustus 28, 2008

buat muliadi..
kemedan cari gw ya..asli medan ni..biar jalan2..🙂

45. Aldy Batam - Oktober 26, 2008

Hi all…..Gw aldy Batam hobby Travelling…kalo kawan2, Bapak2, Ibu, Saudara2 Se Nusantara mau Ke Singapore….or Malaysia, Jangan Sungkan2 Telp Gw ke Nomor 081536076038, gw akan menemani anda semua tuk jalan2, pasti akan berkesan..karena bukti dah Banyak….dari tamu pemerintahan ampe yang suka dugem…pokok ne gw orangnya yang bikin elu pada happy….kebetulan gw kerja di Pariwisata jadi semua rahasia and keamanan terjamin 100 %…..aku tunggu loh…..telpon nya pasti gw terima dengan senang hati..anda puas aku senang

46. dedot - November 1, 2008

mas say mau tanya nich kira2 brp budget yg harus saya siapkan yach klo saya pergi kesana bersama istri dan 1 org anak yg berumur 1 thn, trima kasih sebelumnya

47. indra euy! - November 17, 2008

waaaahh,uda dbest bgt deh ni blog,,itu kontak yg namanya Maria bner kn yah??soalnya kbetulan gw mau k spore via batam tp brangkat jm 3sorean,takutnya ngantri ky yg di atas,makanya mau pake jasa antar-jemput ituuh…

oia,kira2 untuk 2 mnggu brapa kita harus siapin uang makan yah?(untuk sendiri dn cuma uang makan)..dan lebih enak nuker uang di jakarta atau dbatamnya yaa?

pngin tau banget niih,,karna gw pngin prepare sebanget bangetnya,takutnya ada yg klupaan jd terlambat sampai spore-nya..hehehe…tolong di jawab yaah,,,,trimakasiihh,,,,,

48. aldy batam - November 21, 2008

kalo mau ke singapore or malaysia…tujuannya ngapain ??? jalan, shopping ato kunjungan ???? kalo jalan aja gak usah banyak2, tapi kalo shopping pasti dong bawa uang banyak…tapi mendingan telpon gw aja deh biar kita ngobrol lewat telpon biar seru ok

49. Irma - Januari 21, 2009

Mo nanya nih, kartu EZ Link bisa dipake beramai-ramai ga’? Jadi yg punya kartu 1 orang, trus dipake sama seluruh keluarga yg ikut dalam perjalanan itu. Trus kl udah selesai dipake mesti dibalikin lg ga’?

50. Ayu - Februari 4, 2009

Minggu lalu saya n 2 teman ke Singapura, kami mutusin untuk beli EZ Link untuk sendiri2. Trus sempet kepikiran untuk nyoba bisa gak untuk meng-scan berulang. Ternyata tulisannya Error tuh. Jadi kami menyimpulkan bahwa kalo sudah di scan untuk masuk sekali otomatis untuk orang kedua gak bisa. Tapi kemaren nyobanya waktu pake bis.
Sebenernya uang kita akan kembali kok kalo masih ada sisa. Cuma yang 5 SGD memang tidak bisa balik. FYI kalo kita naik bus or MRT pake EZ link tarifnya jadi sedikit lebih murah. Misalnya yang seharusnya 1,7 SGD cuma 1,6 SGD. Nah waktu mau meninggalkan Sing saya return uang yang masih tersisa di kartu itu dulu, kan lumayan.

51. ratna lia - Februari 10, 2009

sekarang kalo dah punya npwp gak perlu bayar fiskal lagi ya pak ikman?

52. Ikman Putra - Februari 10, 2009

#51 ratnalia
Sepertinya pemerintah kita tahu aja caranya nyusahin (baca: memeras) rakyatnya sendiri. Selang beberapa bulan yang lalu ada peraturan, justru bagi pemegang NPWP fiskal via laut tetap 500 rb, namun bagi yang belum mempunyai NPWP dikenakan fiskal 2 x lipat yaitu 1 juta.
Untuk pemegang NPWP fiskal via udara tetap 1 juta dan yang tidak mempunyai NPWP jadi 2 juta.

Jadi sangat bertolak belakang dengan janji pemerintah 1 tahun yang lalu yang akan membebaskan semua catutan fiskal bagi pemegang NPWP dasar!😦

53. Dendy - Februari 27, 2009

hari sabtu kemaren (tgl 21 februari 2009) saya ke singapura lewat batam, ternyata fiskal itu emang GRATIS bagi pemegang NPWP, jadi cuman memperlihatkan NPWP aja. jadi yang dialami ratnalia di atas saya kurang tau kenapa. soalnya saya sudah coba cek juga ke kantor pajak emang gratis tidak perlu bayar sama sekali. Jadi bagi teman2 yang mau keluar negeri jangan takut kena fiskal kalo sdh punya NPWP. Temen saya yang ikut ke singapura kemarin masih mengganngur tapi bisa buat NPWP, karena kata kantor pajaknya NPWP itu bukan hanya untuk yang punya penghasilan tapi hak warga negara.

54. Dendy - Maret 5, 2009

2 miggu yang lalu tepatnya tanggal 21-24 feb 09 saya ke singapura lewat batam, saya tidak dikenakan fiskal alias Gratis, cuman memperlihatkan NPWP kita di batam center dan mereka akan mengeceknya dulu setelah itu kita langsung bisa berangkat. Jadi saya tidak tau kenapa ada orang yang punya NPWP tapi dikenakan biaya 500 rb. pengalaman saya kemarin sih tidak ada masalah dengan fiskal. bisa jg yang mau berangkat kros cek lagi ke kantor pajak terdekat

55. Fean - Maret 20, 2009

Pak Ikman, dibantu dong. Aku mau ke Sing via Batam besok, baru pertama kali niy. Kan sekarang uda ada NPWP yah..jadi bebas fiskal. Tapi infonya kalau baru pertama kali, kita harus menunjukkan uang cash 500 SGD ke petugasnya? Betul ga? Terus harga2 penginapan dan tempat rekreasi yang diatas berubah jauh ga yah? Thanx banget loh sebelumnya.

56. sasa - April 16, 2009

pak lkmn tolong dibantu info to. bhasa yang dipakai disana.
please . . . Help !!!

57. suwito - Mei 8, 2009

Kita suami istri dan 2 anak (3 tahun dan 6 tahun), kalo nginap di hostel
backpacker yang bayar per orang katanya, kita mesti bayar buat berapa orang?

58. Djono - Mei 27, 2009

Selamat siang,

mau minta tolong nih……minta nomor kantornya Tiger Airways yang di jakarta ya….karena saya berencana mau issued dan ngerasain terbang pake TA ke Sin….thx ya

59. Mery - Agustus 25, 2009

saya mery,butuh tiket pesawat jakarta – batam-singapore tgl 18 sept09
singapore – batam – jakarta 27 sept09.untuk 3 org dewasa,anda menjual tiket?berapa harganya??tolong info

60. Liburan ke Singapura via Batam 10-12 Agt ‘07 | Wisata Singapura - September 1, 2009
61. Tam - Januari 22, 2013

I’m amazed, I must say. Rarely do I encounter a blog that’s both
equally educative and amusing, and without a doubt, you have hit the
nail on the head. The issue is something which too few men and women are speaking intelligently about.
Now i’m very happy that I came across this during my hunt for something relating to this.

62. http://google.com - Februari 13, 2013

Precisely how long did it require you to post
“Liburan ke Singapura via Batam 10-12 Agt 07 Ikman Punya Cerita”?

It has got a large amount of fantastic information and
facts. Thanks a lot -Hester

63. Jacelyn - Februari 19, 2013

Nice blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
A design like yours with a few simple adjustements would really make
my blog shine. Please let me know where you got your design.
Appreciate it

64. Blythe - April 17, 2013

Hi! This is kind of off topic but I need some guidance from an
established blog. Is it very hard to set up your own blog?
I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick. I’m thinking about
setting up my own but I’m not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions? With thanks

65. Willis - April 25, 2013

Undeniably believe that which you stated. Your favorite justification seemed to be at the net the simplest
thing to be mindful of. I say to you, I certainly get annoyed while people consider concerns that they plainly do not understand about.
You controlled to hit the nail upon the top and also outlined out the entire thing with no need side-effects , folks can take a
signal. Will probably be back to get more. Thank you

66. family vacation packages all inclusive - Agustus 6, 2013

Howdy! I know this is kinda off topic nevertheless I’d figured I’d ask.
Would you be interested in trading links or
maybe guest authoring a blog post or vice-versa? My site covers a lot
of the same subjects as yours and I feel we could greatly benefit from each other.
If you’re interested feel free to shoot me an e-mail. I look forward to hearing from you! Excellent blog by the way!

67. Philomena - Agustus 18, 2014

As fas as the other data features are concerned, this edition has class GPRS and EDGE.
The only way that you can save on your phone and case purchase is to find a case that is
strong and durable. In fact, the M8 is a bit larger than the previous M7.

68. Google Alert – Liburan Ke Pantai | Cubahoy - November 26, 2014

[…] File Name : Liburan ke singapura via batam 10-12 agt ’07 | ikman Source : ikman.wordpress.com Download : Liburan ke singapura via batam 10-12 agt ’07 | ikman […]

69. Harga Dompet Di Singapura | Dompet Perempuan - Februari 1, 2015

[…] Liburan ke Singapura via Batam 10-12 Agt ’07 | Ikman … – #11 riena19 enaknya di bugis itu dekat dengan stasiun MRT, dari MRT Bugis ke Citihall, pindah MRT Marina Bay – Jurong East (North-South) dan turun di Orchard. Terakhir aku di Hawaii hostel di Bencoleen, gk jauh bugis, harga 10 dollar/bed di …… […]