jump to navigation

4. Phuket Paradise September 4, 2006

Posted by Voip Murah in Travel.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Ini tulisan saya yang ke-4 dari seri tulisan dibawah ini :

Tips Perjalanan ke Phuket Thailand (7 Tulisan):

Phuket

Nama phuket mulai banyak diketahui oleh orang Indonesia setelah peristiwa Tsunami 2004. Phuket adalah sebuah pulau yang juga sebuah provinsi Thailand. Phuket terhubung ke main island melalui 2 jembatan. Ya kalau Indonesia punya Bali, maka Thailand punya Phuket. Nuasa alamnya dan attraksi turisme kedua tempat ini tidak jauh berbeda.

http://www.phuket-maps.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Phuket
http://wikitravel.org/en/Phuket
http://www.phukettourism.org/

Terbang ke Phuket

Setelah menunggu sekitar 1 jam di Budget Terminal , tanggal 20 Agustus 2006 jam 20.30 Pesawat Airbus 320-200 Maskapai Tiger Airways take off menujuh Phuket. Penerbangan sangat mulus malam itu, tanpa goncangan yang berarti. Jam 10.00, kita mendarat di Airport Phuket, agak sepi memang.
Pemerintah Thailand memberikan policy untuk semua warganegara anggota ASEAN untuk memasuki Thailand tanpa visa semacam Social Visit-nya Singapore. Batas tinggal adalah 1 bulan. Saya tidak tahu penalty apa yang di kenakan kepada si pelanggar batas ijin tinggal.

Taxi Airport – Patong Beach
Bila kedatangan ada di malam hari, tidak ada lagi shuttle bus dan taxi menjadi pilihan satu-satunya. Untuk menghemat biaya gunakan Taxi Meter yang ada di sebelah kiri luar gedung kedatangan. Ada counter khusus dengan tulisan “Taxi Meter”. Jangan segan untuk bertanya dengan petugas, sebut saja “Where Taxi Meter?”. Jangan memesan taxi atau van di counter taxi/shuttel bus di dalam gedung kedatangan karena tarif yang dikenakan lumayan tinggi. Contoh untuk tujuan Patong dapat dikenakan 450 Bath per orang (Rp. 120 ribuan).
Tetapi dengan Taxi meter, kita bisa menyewa per taxi dengan maksimal penumpang 4 orang dengan tujuan yang sama hanya dengan 420 bath. 100 bath untuk airport surcharge dan 320 untuk taxi driver.
Sebelumnya kita bertemu dengan 2 cewek Korea di pesawat karena kita mempunyai tujuan yang sama, saya tawarkan untuk share biaya taxi dan mereka setuju. Jadi tidak ada salahnya selama di pesawat kita “sok akrab” tanya apakah mereka menujuh tempat yang sama di Phuket jadi bisa share biaya taxi.

Jika kedatangan pada siang hari, untuk berhemat lagi dapat menggunakan shuttle bus, tetapi anda harus naik ke lantai-2 Departure, di depan Burger King. Bus ini menujuh Phuket Town ke Terminal Bus di Jalan Ranong. Dan kemudian anda dapat melanjutkan dengan bus lain ke tempat tujuan anda. Biaya per orang berkisar 30-40 Bath. Tapi bila anda membawa koper ya taxi menjadi pilihan utama.

Bahasa Komunikasi

Kebanyakan orang Thailand Bahasa Inggris sangat minim. Jangan gunakan Oxford English karena useless mereka nggak ngerti. Gunakan kata-kata yang singkat dan jelas.
Kata yang sering di gunakan adalah

How much?discount?
Have?
No have
Kop kun Kah = Thank you
Cheap-cheap
Where?
Room with fan
Room with Air Cond
Selalu panggil mereka “my friend” biar lebih akrab, siapa tahu dapat diskon
Gunakan gesture/Bahasa Tarzan untuk membantu komunikasi anda

Tempat-tempat yang ditujuh

Patong Beach

Pantai ini terletak di pesisir barat Phuket, saya bisa asosiasikan seperti Legian Kuta Bali. Dimana banyak berkumpul turist middle-down. Seperti halnya di Bali ada permainan jet sky (1000 bath/30 menit), banana boat (800 bath), parasailing(700 bath) dll. Air laut di pantai ini memang “biru” dan anda akan merasakan “sense” yang lain yang tidak kita dapatkan di pantai Indonesia.
Warna air laut dan pasir pantai akan jauh lebih bagus pada bulan antara Oktorber-April (peak seasong) dikarenakan pengaruh Angin Monsoon dan Laut Andaman. Tetapi untuk masa ini akan banyak turis yang datang (agak crowded). Bila langit cerah anda dapat menunggu sunset yang magnifique di sini.

Akomodasi
Banyak penginapan murah disini dengan tarif 300-400 Bath untuk kamar dengan fan, dan 500-700 bath dengan AC. Tetapi untuk peak season (Oktober-April) tarif akomodasi bisa menjadi 2 x lipat.

Beberapa akomodasi murah/hostel

Cozy House
Soi Dr. Wattana, Thaweewong Road (Patong Beach Road)
Soi=gang/jalan kecil, dekat McDonnal, hanya 10 meter dari pantai
Relatif tenang, agak jauh dari keramaian Bangla Road yang terkenal dengan nite life-nya.
Kamar bersih dan sedikit mewah.
Tarif 500-700 bath dengan AC. Anda dapat meminta diskon untuk jika menginap agak lama (3-5 hari)

Lucky Hostel
Rat-U-Thit 200 Pee Road
Pas berada di jalan utama Rat-u-thit, Patong Beach
Dekat dengan restorant dan nite life
400-700 bath standard room

Crown Hostel
Soi San Sabai, Rat-U-Thit 200 Pee Road, Patong Beach
Bangunan lama, tapi dekat dengan pusat keramaian
Tapi you might hardly sleep, karena suara diskotik sangat jelas terdengar di kamar.
400-800 bath standard room

Bangla Road
Jalan ini adalah penghubung Rat-u-thit dan Thaweewong Road. Terkenal dengan kehidupan malam typical Thailand: Agogo Bar, Ladyboys Cabaret, Muathai/Thailand Kickboxing, diskotik dan hiburan malam lainnya. Tetapi “wild”-nya jauh kalah dibandingkan dengan Bangkok, tetapi kalau anda baru pertama kali datang ke Thailand tidak salahnya mencicip “cita rasa” Thailand. Pada malam hari jalan ini ditutup untuk kendaraan dan hanya untuk pejalan kaki.

Tips :
Agogo bar
Bar terletak akan dibelakang dan agak tertutup. Bar ini mempunyai 2 price list minuman yang berbeda. Pertama untuk tamu yang datang bersama “calo” dan kedua untuk tamu yang datang langsung. Jangan menerima ajakan beberapa orang calo yang menawarkan agogo bar di depan jalan. Bila anda menerima ajakan mereka, anda akan di antar ke agogo bar dengan harga minuman yang sangat mahal. 1 can Coca cola bisa 400 bath (normal price=40 bath). Jadi langsung saja datang ke bar yang sama dan anda akan dipersilahkan masuk dan harga minuman jauh lebih murah antara 100-150 bath. Dan anda harus memberikan “saweran” se-ikhlasnya (100 bath) kepada si Lady yang meminta saweran setelah aksinya.
Untuk detail aksi si “lady” tidak perlu saya jelaskan disini silahkan japri aja… J.

Lady boys (LB)
Di belakang Crocodile bar ada Cabaret LB Moulin Rose. Tiket masuk 200 bath termasuk minuman. Sangat menarik memang menyaksikan kabaret ala “Tata Dado” tetapi di sini LB (baca: banci) sangat cantik dan tiidak terlalu exaggerating bila saya bilang mirip dengan beberapa artis Indonesia
Sebelum aksi cabaret, LB ini “berkeliaran” di jalan sambil berfoto ria dengan turis. Untuk sekali foto bareng, setiap LB meminta uang 100 bath, batasi saja berfotonya dengan 2 LB, jika tidak mereka akan mengerumuni anda untuk foto bareng dan anda harus memberi uang ke mereka semua. Memang menurut mitos tidak lengkap perjalanan anda ke Thailand kalo tidak berfoto dengan LB.

Makanan

Banyak restorant yang menawarkan menu eropa : pizza, spagheti, burger atau menu lokal Thailand: ayam/babi/sapi/seafood goreng+sayuran, sup seafood+sayuran dengan kuah air atau santan (Tom yam) dll. Tidak begitu beda dengan masakan kita disini. Harga satu dish makanan eropa 200-300 bath. Untuk masakan thai local berkisar 60-120 bath. Minuman teh/kopi/softdrink antara 20-50 bath
Saya tidak bisa menjamin untuk teman-teman yang muslim mendapatkan masakan halal. Walau kita tidak makan B2, tapi proses gorengan/rebus mungkin bisa tercampur dengan daging lain. Tapi yah pasrah saja dan sebelum makan baca Bismillah dulu.

Transportasi

Sedikit sekali taxi meter di kawasan patong, kebanyakan adalah kendaran Hi-jet Daihatsu berwarna merah yang disebut “Tuk-Tuk” (TT) yang beroperasi 24 jam. TT ini dapat disewa ke semua tujuan di Phuket dengan tarif sewa 200-700.
Ada juga bus lokal yang beroperasi 05.00 s.d 18.00 dengan tarif 20 bath per orang.
Untuk teman-teman yang mempunyai SIM A atau C dapat menyewa mobil atau motor. SIM Indonesia diakui di Thailand, tapi saya tidak pasti apakah hanya untuk daerah turis seperti Phuket atau di seluruh Thailand.
Tarif sewa motor (bebek/Mio/Nouvo) : 200 bath/hari dapat lebih murah untuk sewa beberapa hari. Mobil : 600-1000 bath tergantung dengan jenis mobil (Jeep/sedan). Untuk anda yang mau merasakan naek Harley Davidson atau motor balap 1000 cc (CBR), motor-motor ini juga dapat disewa tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal.
Setiap pengendara motor diwajibkan memakai helm, dan polisi bisa saja menghentikan motor bila anda tidak memakai helm.

ATM dan Money Change
Seperti halnya daerah pariwisata lainya di Phuket, di Patong terdapat banya sekali outlet ATM dan Money changer. Dengan jam operasi ATM 24 jam dan money changer 8.00-22.00.
Mata uang yang diperdagangkan, USD, SGD, AUD, EURO dan mata uanga lainnya. Rupiah tidak di ada disini. USD pecahan 100 dan 50 dibeli dengan rate yang lebih tinggi dibandingkan dengan pecahan 10, 5 dan 1 dollar.
Travel check juga dinilai dengan rate yang lebih rendah ketimbang bank note (uang). Bagi teman-teman yang membawa Kartu kredit VISA/Master Card dan Kartu Debit BCA (Cirrus/Maestro) dapat menarik uang dari ATM setempat tetepi tentunya ada akan dikenai biaya satu kali penarikan tunai sebesar lebih kurang Rp. 50 ribu dan dengan dengan rate yang lebih tinggi.

Tempat menarik lainnya

Ke arah selatan Patong Beach

Karon Beach
Pantai yang terletak di selatan patong, banyak vila/hotel mewah di sini, yach seperti Nusa Dua lha.

Kata dan Kata Noi Beach
Seperti Karon, pantai ini banyak dikunjungi turis middle up.

View point
Tempat dimana kita bisa melihat Karon, Kata, dan Kata Noi dari ketinggian

Nai Harn Beach

Promthep Cape
Sebuah tanjung di ujung selatan phuket dimana kita bisa melihat sunrise dan sunset

Watchalong
Komplek temple perpaduan antara budaya Thailand dan China

Phuket Town
Pusat pemerintahan provisi phuket, tidak begitu beda dengan kota-kota di Indonesia.

Hero dan Heroin Statue
Terletak tidak jauh dari Phuket town

Ke arah Utara Patong beach

Kamala beach, Surin Beach, Liem Cape, Bang Tao beach yang cukup sunyi dan sedikit turis asing, tempat yang tepat untuk menyendiri dan merenung

Atraksi Turis lainnya

Elephan Riding
Anda akan diajak bersafari dengan menaiki punggung gajah melewati daerah-daerah dengan pemandangan indah.
Dengan tarif 500-900 bath tergantung dengan panjang route

Monkey dan snake show

ATV (All Terrain Vehicle) >> http://en.wikipedia.org/wiki/All-terrain_vehicle


Anda dapat merasakan petualangan dengan menaiki kendaraan 4 roda melalui trek-trek yang menantang di kelilingi pemandangan indah. Tetapi harus siap-siap untuk basah atau berlepotan lumpur.

ATV on Tour
Phuket Paradise
24/1 Moo 1 Viset Rd. Rawai, Muang, Phuket, 83130, Thailand
Tel/fax : 66 76 288501
Tarif 1 jam : 1500/1000 bath (Rider/Passenger), 2 jam 2000/1400 bath
Tarif di atas sudah termasuk bus transfer hotel-lokasi antar jemput. Bila anda datang sendiri dapat meminta diskon.

Kita berada di Phuket dari tanggal 20-24 Agustus 2006, Tgl 24 hari kamis kita berlayar ke Phi phi Island di kawasan laut Andaman 40 km disebelah selatan phuket.
Untuk cerita petualangan selanjutnya dapat dilihat di tulisan saya selanjutnya.
5. Phuket-Phi Phi Island

Komentar»

1. Destina - Januari 25, 2007

sy akan pergi ke phuket..dlm akhir bulan 4 iaitu 30\4-03/05/07….sy agak risau bila kamu meceritakam…
selepas april….keadaan di phuket agak kurang memuaskannnnn…..

tapi dr aper yg kamu cerita kan tadi….sy dpt sedikit pengetahuan utk p kesanaaa…..

sy akan h.moon di phuket…..

from destina114@yahoo.com

2. Ikman - April 2, 2007

Ok de Destina selamat berpetualang🙂

3. Sari - Juni 25, 2007

Kalo dr KL ke Phuket selain pesawat alternatif transportasinya apa lagi ya yg murah dan brp lama? Tolong info lengkapnya donk:) Saya berencana ke Phuket pertengahan Agustus.
Trims.

4. andre - November 14, 2007

Mas Mikman, Desember ini saya berencana ke Phuket… Untuk menghemat saya akan ambil penerbangan yang tiba di phuket pkl 10 malam (kalau gak delay), kalo gak ketemu teman untuk share taxi meter, apa ada alternatif lain yang lebih murah? jemputan dari hostel mungkin? atau bagaimana dengan nunggu pagi di bandara?? he..he.. maklum untuk meminimize budget mas…tiket malam dengan yang agak sorean 2x lipat… thanks

5. Ikman - November 15, 2007

#4 andre
kalo sudah book hotel gk ada salahnya minta jasa pick up, jadi gk repot, tapi kalo kita nginap di hotel menengah biasanya gk ada jasa ini.
Kadang ada orang yang menawarkan jasa omprengan tapi tidak di jamin keamanannya, ya lebih baek take meter taxi aja, gk mahal kok🙂

6. Ikman - November 15, 2007

#3 sari
Saya pernah baca blog lain, dari KL bisa pake bis ke Phuket, lewat Krabi, dilanjutkan via ferry, perjalanan bisa 2 hari

7. yoga - April 15, 2008

akhir agustus saya akan ke phuket,tolong informasikan kondisi di sana pada saat itu.trims

8. Benni Chan - April 16, 2009

saalam kenal mas Ikman…bulan janura 2009 sya berkunjung ke phuket, tapi rasanya belum puas, karena belum sempat mampir ke phi2 island,. karena saat itu tujuan utama nya memang kepataya, eh setelah nyampe disana ternyata pattaya gak seperti yang di impikan, pantainya gaksebagus phuket, cuman nigh live nya yang OK dengan WALKING STREET nya….heheheh. jadi tgl 21 april ini saya maungunjungin Phuket lagi via KL by AIRASIA. lumayan murah tiketnya. PDG-KUL-HKT-KUL-PDG, dgn banderol Rp 1.4 jt..tapi saya maunanya nih mas.. di phiphi penginapan nya OK gak…dan kalu boleh tau Rate nya berapa yaaaa…makasih..

9. Marina - Mei 31, 2009

Mas Ikman, saya sekeluarga (2 anak yg masih kecil2) mau ke Phuket pada agustus 2009, mohon informasi hotel dengan harganya yg menegah dan tidak jauh dari pantai apa ya mas?????

Kalo dari airport ke pantai patong berapa lama dan untuk sekeluarga yg hemat naik taksi meteran atau by bus

Untuk malam hari di Phuket saya sebaiknya melihat atraksi apa ya…., kalo ke phi-phi pulau kan bisa tour yg setengah hari? pergi pagi pulang sore??

10. Marina - Mei 31, 2009

as Ikman, saya sekeluarga (2 anak yg masih kecil2) mau ke Phuket pada agustus 2009, mohon informasi hotel dengan harganya yg menegah dan tidak jauh dari pantai apa ya mas?????

Kalo dari airport ke pantai patong berapa lama dan untuk sekeluarga yg hemat naik taksi meteran atau by bus

Untuk malam hari di Phuket saya sebaiknya melihat atraksi apa ya…., kalo ke phi-phi pulau kan bisa tour yg setengah hari? pergi pagi pulang sore??

11. Handoko - November 6, 2009

Bagus tulisan ini, informatif dan cukup jelas, selamat jalan-jalan para backpacker Indonesia. Pelajari banyak culture dan budaya.

12. Sammy - November 13, 2009

thanks mas ikman infonya… bagus sekali jadi kita bisa lebih tau dan merencanakan perjalanan dengan lebih baik…

13. Kay - November 25, 2009

Hai, Mas Ikman..
Bole tanya” sedikit? =)
Aku ada rencana ke Phuket akhir tahun ini. Kl dari Phuket ke Bangkok itu jauh ya? Bisa naik bus kah? hehehe.. Bole tau tarif n lama perjalanannya?

Oh ya, kl hotel di Phuket yg Mas recommend itu yg paling Ok yg mana ya? =) Trus untuk booking nya gmn? Hrs lgsg kesana or bisa by phone mgkn? Soalnya aku blm pernah ke Thailand nih jadi agak bingung jg. hehehe..

Thanks ya..aku tunggu reply nya..=)

14. bams - Desember 10, 2009

wah menarik artikelnya mas, aku rencana k phuket bln juli taon depan, aku bingung liat hotel2 ada yg dkt patong beach, kata beach dan karon beach.. paling bagus yg mana ya? aku lbh suka yg gak terlalu rame, tp ga jauh juga dri keramaian kalo lg pngen.. mohon sarannya ya

15. winda - Januari 5, 2010

halo mas ikman..

pengen nanya dunk.. rencana aku mau nginep di daerah karon/kata,
yg aku pengen tau kalau malam daerah itu sepi ga ya? kalo malem2 pengen makan atau sekedar jajan gitu gimana?

tengkyu mas

16. intan - Januari 21, 2010

halo mas…
saya rencana mei mau ke phuket, sbnrnya lbh enak di kata beach atau di patong beach?
rncn sy 4hr 3mlm, keadaan disana aman tdk?
kalo mislkan kita naik kendaraan umum ato berjalan kaki di mlm hari?
selain patong, kata dan phi2 island, tmpt mana yg wajib kita kunjungi?
thx ya atas infonya…

17. Doyle Peers - Desember 27, 2010

Summer is a great time to bond with your family or children. Kids most especially are looking forward to this time of year anticipateing to get quality, entertaining, and adventurous experiences with family and friends. However, when you have not saved sufficient for the summer season, it’s possible you’ll get a little anxious about how you can probably meet your youngsters’s expectations. Fortunately, a whole lot of fun does not necessarily mean a whole lot of expense. Achieving an inexpensive summer season journey isn’t too troublesome so long as you understand how to arrange for one.

18. dita - Februari 1, 2012

untuk foto bersama LB, kira2 harus ada di Bangla Road sekitar jam brp kak?

19. DIMAS - Maret 10, 2012

infonya komplit mas.. thanks before..

besok tgl 11 maret 2012 saya sama istri brangkat ke phuket dan phiphi island slama sminggu buat honeymoon kedua.. mumpung blum punya anak.. hehee..

do’akan saya smoga lancar sampe pulang ke bandung lagi ya..

\(^o^)/

20. Sophie - Desember 24, 2012

Hey, good writeup. How can we get the latest updates from your blog site?
I’m unable to subscribe in my google reader. Is there a glitch?

21. Just how much is certainly one 7 days in thailand likely to expense? - Mei 25, 2013

We’re a gaggle of volunteers and opening a brand new scheme in our community. Your website provided us with useful information to work on. You have done an impressive process and our whole neighborhood can be grateful to you.

22. blog.com - September 8, 2014

Link exchange is nothing else but it is just placing the other person’s web site link on your
page at suitable place and other person will also do
similar in support of you.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: