jump to navigation

2. Singapore – Phuket Agustus 31, 2006

Posted by Voip Murah in Travel.
trackback

Ini tulisan saya yang kedua dari seri tulisan dibawah ini :

Tips Perjalanan ke Phuket Thailand (7 Tulisan)

Singapore

Tgl 19 Agustus 2006, jam 10.30 waktu Singapore kita berlabuh di Pelabuhan Harbourfront. Sebelumnya di Pelabuhan Batam Center (BS) kita diberi 2 kertas imigrasi yang sudah di print sesuai dengan nama kita di passport. 1 untuk kertas untuk Imigrasi Indonesia dan 1 kertas untuk Imigrasi Singapore. Masing-masing kertas ada 2 bagian, yaitu bagian Departure dan Arrival. Bagian Departure Indonesia di ambil pada waktu passport kita di cap di BS dan bagian Arrival jangan sampai hilang karena ini akan ditanyakan pada waktu kita pulang ke Batam nanti. Di counter imigrasi kita menyerahkan passport dan lembaran Imigrasi, paling kita ditanya tujuan ke Singapore, jawabnya “Holiday sir!”. Kemudian passport kita di cap dan lembar imigrasi arrival diambil. Harap disimpan bagian departure dari lembaran imigrasi karena akan ditanya pada waktu kita meninggalkan Singapore.
Setelah di meja imigrasi kita melalui X-ray, dan bila kita membawa barang yang terkena Tax atau duty seperti Cigarete dan minuman beralkohol, harus di “declare” kepada petugas dan kita harus bayar tax-nya. Tapi saya sarankan jangan bawa yang macam-macam, seperti Sambel botolan atau mie instant terlalu banyak, takutnya ini akan jadi masalah.

Halbourfront

Halbourfront adalah pelabuhan yang tergabung dengan mall, gedung komersial, dan stasiun MRT. Tidak begitu sulit untuk menemukan tujuan kita karena papan petunjuk yang jelas. Sebaiknya kita cari counter yang menyediakan peta Singapore dan route MRT. Ada dua pilihan untuk menujuh Pusat Kota Singapore, menggunakan bis atau train (MRT). Stasiun bus terletak di seberang mall, kita harus naik ke jembatan penyeberangannya. Sedangkan Stasiun MRT ada di bagian bawah mall. Sebaiknya kita menggunakan train (MRT) karena lebih murah dan cepat tetapi harus perhatikan benar-benar route nya agar tidak salah ambil kereta.

MRT

Ketika pertama kali saya mendengar MRT dari teman saya maka terbayang adalah subway yang sering kita lihat di TV. MRT = Mass Rapid Transit, terdiri dari kereta bawah tanah (walau tidak selalu ada di bawah tanah) dan bus.
Tiket MRT dapat di beli di Vending Machine seperti ATM yang ada di stasiun MRT. Tiket rata-rata antara SGD 0.5 – 1.5 dengan deposit SGD 1, yang dapat diuangkan kembali pada akhir perjalanan.
Vending machine ini menerima uang 50 cent, 1,5 dan 10 dollar. Ikuti semua prosedur pembelian tiket yang ada di layar mesin. Jangan kagok atau malu bertanya, kalau tidak mengerti bisa tanya dengan orang di sekitar. Biasanya orang-orang lokal akan bersedia untuk membantu. Bila kita tidak ada uang kecil/recehan dapat menukar di bagian Passenger Service yang selalu ada di setiap stasiun MRT.
Pembelian tiket dengan menekan tujuan perjalanan, dan memasukkan sejumlah uang yang diminta, dan selanjutnya tiket akan keluar dari slot yang tersedia beserta uang koin kembalian.

Accomodation

Tujuan pertama kita adalah akomodasi, jadi kita bisa menyimpan tas ransel (backpack) khan lumayan berat kalau dibawah jalan-jalan.
Saya mendapat beberapa referensi akomodasi murah di Singapore dari Pak Indra dan Mas Artson

HAWAII HOSTEL
2nd Floor Bencoleen St
phone : 63384187

LEE BOARDING HOUSE
7th Floor, Peony Mansions 46-52 Bencoleen St
phone 63383149

AH CHEW HOTEL
496 North Bridge Rd
phone 68370356

ALIWAL PARK HOTEL
77 Aliwal St
phone 62939022

LEE HOMESTAY
3rd Floor 490a North Bridge Rd
phone 63341608

LEE TRAVELER’S CLUB
6th Floor Fu Yuen Building
75 Beach Rd phone 63395490

OXFORD HOTEL*
218 Queen St
phone 63322222
bangunan baru, gede, inc breakfast

LLOYD”S INN
2 Lloyd Rd
phone 67377309
Lokasi deket Orchard

NEW SANDY’S PLACE*
3c Sarkies Rd
phone 67341431
Lokasi deket Orchard

SLOANE COURST HOTEL
17 Balmoral Rd
phone 62353311

HOTEL SUPREME
15 Kramat Rd phone 67378333

YMCA Int’ House
1 Orchard Rdphone 63366000
dormitory-nya termahal se S’pore tapi convenience

INN CROWD*
35 Campbell Lane
phone 62969169S’pore best guest house !!

PERAK LODGE*
12 Perak Rd
phone 62997733
deket Little India, resident’s area, inc breakfast

BACKPACKER HOTEL
11A Mosque St
phone 62246859

BACKPACKER COZY HORNER HOTEL
5 Teck Lim St
phone 62254812

GALLERY HOTEL*
76 Robertson Quay
phone 68498686
Trendy hotel, nightspot, modern architecture hotel, nightspot, modern architecture

Rata-rata tarif hotel di atas antara SGD 20-100 per orang. Khusu ntuk hostel (baca : wisma/losmen) tarif dikenakan per orang bukan per kamar, jadi kalo kita menyewa 1 kamar dengan 2 bed untuk 2 orang maka per orang dikenakan tarif SGD 20 jadi total 40 dollar. Jika mau berhemat lagi dapat menyewa Dorminatori, yaitu satu ruangan dengan 3-5 tempat tidur tingkat. Tarif untuk dorm bisa hanya 10 dollar per orang. Tetapi kita harus berbagi kamar dengan orang lain, kalau kita mengajak teman wanita agaknya tempat ini agak “riskan” siapa tahu teman kita di “colek-colek” sama tamu lain (becanda.. he he, tapi bisa jadi lho!)

Pilihan kita waktu itu adalah HAWAII HOSTEL ,2nd Floor Bencoleen St. Jadi rute MRT yang diambil adalah Harbourfront-Outram park exchange-Bugis. Kita turun di stasiun Bugis dan keluar melalui Mall Bugis Juntion persis di perempatan Victoria dan Rochor Road.
Setelah tanya-tanya dengan orang sekitar kita menemukan Hawaii Hostel di jalan Bencoleen sekitar 1 km dari Bugis Junction.

Makanan

Karena saya waktu itu hanya menghabiskan waktu di daerah Bugis street, Rochor, dan Bencoleen. Tempat makan dapat ditemukan di Bugis Steet, jalan ini dipakai oleh pedagang kaki lima dan beberapa pertokoan. Banyak food court yang menyediakan makanan. Makanan di sana tidak begitu jauh beda di sini : nasi, ayam goreng, sayur-sayuran dll. Harga berkisar antara 3-6 dollar untuk makanan dan 1.5 – 3 untuk minuman (aqua/cola). Kalo mau dapat pergi ke McDonnald terdekat dengan harga 5-6 dollar untuk burger, french fries dan minuman cola. Atau kalau di Chinatown, di foodcourt People’s park agak kebagian belakang mall, di sana terdapat beraneka makanan yang saya yakin cocok dengan perut Indonesia

Tempat-tempat menarik


Tujuan kita pertama adalah landmark terkenal di Singapore dan photo-photo yah sebagai bukti kita pernah ke Singapore.
Merlion park, Esplanade, Furleton One, Sir Raffles Statue landing site, Citihall, Supreme Court, Chijmes, dll untuk info lebih lengkap silahkan kunjungi site resmi Singapore di http://www.visitsingapore.com/.
Daerah ethnik seperti Chinatown dan little India juga menarik. Untuk oleh-oleh murah seperti gantungan kunci dan kaos ada di Chinatown. Dan untuk merasakan suasana India dan merasakan nikmatnya (eneg-nya) makanan curry ada dapat menghabiskan waktu di Little India.
Untuk makan malam yang romantis dengan view Sungai dan gedung pencakar langit Singapore, Clark Quay adalah pilihan yang tepat.

Sentosa Island

Minggu, 20 Agustus kita menuju ke Sentosa Island dan berencana langsung ke Changi Airport untuk terbang ke Phuket pada sore harinya. Agaknya kurang lengkap kalau ke Singapore tapi tidak berkunjung ke Sentosa Island. Pulau ini terletak di depan, pada waktu kedatangan kita dari Batam, kita menelusui pulau ini dulu baru bersandar di Harbourfront. Sentosa dapat ditujuh dari Harbourfront dengan 2 cara: via bus atau Cable car. Dari MRT Harbourfront kita ikuti saya petunjuk “Bus to Sentosa” yang terletak di seberang mall. Tidak susah kok untuk menemukan bus khusus ke pulau ini. Busnya bercorak meriah dengan bunga-bunga dan tertulis Sentosa. Untuk Cable car station terletak di lantai atas mall Harbourfront. Saya tidak begita tahu tarif cable car ini. Dan memang lebih menarik kalau kita menujuh ke Sentosa melalui kendaraan ini. Tarif per orang untuk masuk ke Sentosa adalah 3 dollar termasuk bus transfer pulang pergi. Karcis ini dibayar di Guest Reception di Senstosa Island. Kemudian kita dapat mengikuti paket-paket tertentu seperti karcis terusan di Ancol, Kemudian kita dapat naik bus khusus menujuh beberapa tempat di pulau ini.
Beberapa tempat menarik adalah Patung Merlion terbesar, Carsberg Tower, Luge & Skydiver, Siloso beach, Under water world dll.
Info lebih lengkap dapat di sini : http://www.sentosa.com.sg

Singapore- Phuket

Setelah puas di Sentosa Island dengan segala wahana yang menarik, jam 14.00 kita menujuh Little India untuk makan siang merasakan masakan khas India (curry). Kemudian dengan sedikit “rush” kita menujuh Changi Airport dengan MRT.
– Dari Little India ambil route North-East (NE) tujuan Harbourfront
– Turun di Outram park Exchange dan ambil route East West (EW) ke Pasir Ris/Changi.
– Turun di Statiun Tanah Merah, karena MRT EW dari Outram Park tidak menujuh ke Changi Airport tapi langsung ke Pasir Riz.
– Ambil kereta dari Tanah Merah ke Changi Airport

Kereta berhenti di stasiun MRT Terminal 2 Changi dan kita dapat menujuh terminal dimana pesawat kita berada.
Ada 3 Terminal di Changi
– Terminal 1 : Maskapai lokal dan Asia, see : http://www.changiairport.com.sg
– Terminal 2 : Maskapai Eropa
– Budget Terminal : Tiger Airways dan Cebu Pacific Air, see www.btsingapore.com

Kita akan terbang ke Phuket dengan Tiger Airways ETD 20.10, tetapi di itinerary harus check-in minimal 2 jam sebelum take off. Khusus untuk Tiger Airways menggunakan Terminal khusus yang disebut Budget Terminal (BT) yang terletak sekitar 1 km dari terminal 2. Tersedia shuttle bus dengan frekwensi 30 menit dari basement terminal 2 ke BT.
Ada tulisan saya khusus membahas maskapai Tiger Air dan Budget terminal ini.
Setelah check-in di counter Tiger Air, dan melewati imigrasi, kita siap-siap melanjutkan petualangan kita berikutnya di negeri Gajah Putih.

Bersambung ke 3. Tiger Airways dan Changi Budget Terminal

Komentar»

1. Linda - Januari 25, 2008

Bravo.. kang..
Tulisanmu memudahkan kita-kita yang ingin bepergian..
Lengkap banget.. wah aq dah ngebanyangin gimana yah kalo kita denger langsung dari yang empunya stori.. (mungkin berapi-api dan semangat 45 ya)
Terusin yah.. tulisannya

2. dwi - Februari 26, 2008

asyik nih nemuin tulisan ini dari browsing di google.
Boleh intip2 ya mas…kebetulan saya juga mau ke SING-PHUKET-BKK-JKT.
Thanks buat informasinya…berguna banget.

3. sella - April 3, 2008

kalau ada yg mau jalan-jalan juga enaknya janjian yaaa? jadi kan bisa rame-rame and irit ongkos

van - Oktober 18, 2010

salam kenal mba sella,
barusan saya baca blog nya mas ikman, saya sangat tertarik dg cerita wisata beliau ke phuket. sepertinya sangat menarik dan Insya Allah ada rejeki mau jg berkunjung kesana. o0yaa apakh mba sella udah jadi berkunjung ke phuket?? kebetulan saya belum pernah, ntar kalo kesana boleh donk bareng?? jujur saya punya masalah dg bahasa hahaha
ok trims yaa

wassalam

4. Nopie - Mei 8, 2008

mas, apa dari nama2 hotel di atas ada yg bisa dihub atau dibooking online ?

by d way, kalau ada planning dr Batam-Singapore-Bangkok dgn budget 5jt-an/ org bisa gak ya? 5 jt udah all in (incld tiket, hotel, makan, blanja).

5. temmy - Juli 17, 2008

boleh copas tulisannya yah di blog saya. Sepertinya berguna baangged neh..thx.

6. figli bombach - Desember 14, 2008

terima kasih tulisannya sangat membantu,…ada gak kiat untuk barang bawaan apa ada locker penitipan barang harian???

7. jefry - Januari 29, 2009

Halo mas ikman….blog lo top abis dah….sebelumnya gw juga pernah make referensi buat ke bali……akurat abis….nah sekarang gw mau ke singapore trus lanjut ke KL via batam…pas brosing di paman google…eh ada lagi ni blog…..btw bagi lagi yah referensinya…thanks brt……..

8. van - Oktober 18, 2010

wah sepertinya asyik banget nih…saya setuju dg usul mba sella,kalo mau ke phuket janjian biar hemat hehehe
Oya kalau ada yg mau ke phuket boleh donk saya diajak.

9. dee - November 12, 2010

mas mau nanya dong..kalo selama di sing kita mau jln2nya ke universal studio sentosa islang night safari n city tour, enaknya routenya gmn ya?
trus penginapan yg dekat dngn mrt, incrowd atau checkers inn ya?
thx infonya..

10. Santy Sugiarty - Juli 31, 2012

Mas, mau tanya boleh ya. saya direkomendasikan hawaii hostel sama orang kantor, tapi ketika cek di web khusus hostel reviewnya jelek sekali. kalau pengalaman mas sendiri menginap di sana bagaimana ya? apa bersih dan nyaman?

11. Wisata Batam - September 3, 2016

Hi there to every one, it’s actually a nice for me to visit this web site, it
contains important Information.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: