jump to navigation

1. Jakarta-Batam-Singapore Agustus 30, 2006

Posted by Voip Murah in Travel.
trackback

Ini tulisan saya yang pertama dari seri tulisan dibawah ini :

Tips Perjalanan ke Phuket Thailand (7 Tulisan)

Jakarta-Batam-Singapore

Ini adalah awal dari rentetan perjalanan kita ke Thailand. Dengan persiapan yang baik kita dapat merencanakan berapa hari kita akan berlibur, jumlah uang yang akan dibelanjakan, tempat-tempat mana saja yang dikunjungi dan tentunya tiket perjalanan.

Tiket perjalanan

Akan lebih baik jika kita telah mengetahui kapan kita akan berangkat dan kembali jauh-jauh hari sebelum berlibur. Kita dapat memesan penerbangan via internet dengan cepat dan biaya yang sangat murah.
Tetapi waktu itu saya dapat kepastian untuk berangkat liburan ini hanya 1 minggu sebelum hari H, karena alasan approval cuti yang baru di dapat. Waktu itu Tanggal 9 Agustus 2006. Seperti diketahui bahwa pada Bulan Agustus 2006 ini ada libur panjang yaitu : Hari Kamis Tgl 17 Agustus, Jum’at Tgl 18 Hari kejepitan Nasional dan Hari senin tgl 21 hari Libur lagi Maulud Nabi Muhammad SAW. Akhirnya saya dapat tiket ke Jakarta-Batam pada Hari Jumat Tgl 18 Agustus dengan harga Rp.550 ribu agak mahal memang tetapi karena minggu itu adalah “peak” maka agak susah mendapatkan tiket.
Pada hari yang sama saya pesan tiket penerbangan Singapore-Phuket pulang pergi dengan Tiger Airways, sebuah maskapai Budget (Budget Airlines) baru milik Singapore www.tigerairways.com. Ada tulisan saya khusus tentang Tiger Airways ini. Tiket pp Singapore-Phuket saya beli SGD 132.5 = Rp 750 ribuan Cukup murah sich, bila kita pesan jauh-jauh hari (at least 2 minggu sebelumnya) harga tiket jauh lebih murah.
Kemudian untuk Tiket Pulang Batam-Jakarta, saya log on di www.airasia.com, dan harga tiket hanya Rp. 185 ribu. Murah banget dibandingkan Tiket pergi Jakarta-Batam Lion Rp. 550 ribu.
Bukti pembelian tiket (Route/itinerary) di print out dan akan berguna pada waktu check-in nanti.

Bandara Cengkareng.

18 Agustus 2006 12.00 pm
Seperti yang lain kita menggunakan jasa taxi ke airport dengan biaya sekitar Rp 80 ribu. Kemudian Aiport tax Bandara CGK Rp. 30 ribu. Dan kita siap untuk take off ke Batam. Pesawat ke Batam take off jam 15.00 WIB. Dan tumben kali ini kita naik pesawat Lion Boeing 737-400 yang “agak” baruan dibandingkan pesawat Lion lainya MD-82.

Batam

Jam 14.30 kita tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Sebelumnya kita membeli Tiket Ferry keBatam-Singapore, dibandingkan kalau dibeli di Pelabuhan Batam Center dapat mencapai SGD 15. Ferry yang di pilih sebaiknya Pinguin atau Wave Master, karena ferry-nya relatif baru dan jadwal keberangkatan hampir 30 jam dan selalu tepat waktu. Harga tiket Ferry pp Batam-Singapore-Batam (open tiket) SGD 13.5. Sebaiknya membayar tiket dalam SGD karena kalau dengan Rupiah, rate rupiah sangat rendah. Tiket ini selalu tiket pp (return & open), kerena tiket one way jauh lebih mahal bisa sampai SGD 23. Ada bagian tiket Go and Return yang akan di sobek oleh petugas ferry dan bagian return harap di simpan baik-baik jangan sampai hilang jika kita tidak mau membeli tiket 1 way pada waktu pulang ke Batam nanti.
Kemudian kita naik taxi ke Batam Center dengan Fixed tariff Rp. 70 ribu. Tariff ini sama untuk semua taxi, taxi yang ada meternya (walau meternya tidak dipakai) atau taxi omprengan (Plat hitam). Ada selembar kertas laminating yang berisi daftar tarif taxi ke semua tujuan di Pulau Batam.
Batam Center (BC) adalah lokasi komersial dimana ada Mega Mall, Tower Telkomsel, Kantor Pemerintah dan pelabuhan Ferry ke Singapore yang langsung terhubung dengan Mall melalui sebuah jembatan. Kita sampai ke BC hampir jam 17.00, akhirya di putuskan untuk menginap di Batam malam ini dan menyeberang ke Singapore besok harinya pagi-pagi. Perlu diketahui BC adalah daerah baru ketimbang dengan daerah lama seperti Nagoya, Batu Ampar, dan Sekupang, jadi tidak banyak tersedia hotel yang murah. Ada sih penginapan yaitu Asrama Haji di dekat Masjid Raya Batam tapi harganya sekitar Rp 200-300 ribu.
Maka setelah photo-photo di depan Mega Mall BC dan gedung + tower Telkomsel (salah satu landmark di BC) dan makan malam di BC, kita naik ojeg, masing-masing Rp 10 ribu ke daerah Hotel Pelita, sekitar 10 km dari BC (jika dengan taxi= Rp 50 ribu). Di daerah ini banyak hotel Rp 100 ribuan dan bagus. Pilihan kita adalah Hotel Wisata dengan tarif kamar Rp 110 ribu dengan AC dan Hot shower. Worthed banget.

Ferry ke Singapore

Pagi-pagi Hari Sabtu Tgl 19 Agustus, kita menujuh ke BC lagi untuk mengejar Ferry pertama jam 7.20. Pada waktu Check-in di Counter Penguin harap tunjukan Tiket dan Passport karena petugas Ferry akan mem-print out Boarding pass dan Kartu Imigrasi Indonesia dan Singapore berdasarkan nama yang tertulis di passport. Kemudian membayar Pajak Pelabuhan sebesar SGD 3 dan disarankan membayar dengan SGD karena bila dengan Rupiah, exchange rate Rupiah rendah sekali.
Kemudian kita menuju counter fiskal yang masih berada di lantai dasar pelabuhan di sebelah kiri escalator. Fiskal untuk kepergian lewat laut sebesar Rp. 500 ribu (via udara Rp. 1 juta). Bila kita mempunyai Passport Batam atau kota lain di Pulau Sumatera maka akan bebas fiskal (tidak bayar). Karena saya dan teman saya mempunyai passport Jakarta ya kita harus bayar. Pernah saya dengar kita bisa bayar fiskal 1/2 harga = Rp 250 ribu tapi harus “kong kali kong “dengan petugas dan harus menungggu beberapa menit sampai waktu yang tepat. Tapi karena waktu itu kita di kejar waktu, ya sudahlah nggak usah begituan, lagian “discountnya” nggak gede-gede banget. Lagian waktu adalah uang.
Kemudian kita menuju lantai 2 melalui escalator, dan memasuki ruangan pemeriksaan imigrasi melewati X-ray dan hanya satu petugas imigrasi yang memeriksa apakah kita sudah membayar fiskal atau belum. Segitu lemahnya pemeriksaan, jadi bisa saja kita “bribe him somehow”. Menujuh Imigrasi untuk di cap passport dan menunggu sebentar di ruang tunggu sampai kita diminta untuk memasuki ferry.

“We are going to Singapore!!!”

Waktu perjalanan dengan ferry sekitar 1 jam. Tetapi harap di ketahui jam di Singapore 1 jam lebih cepat dari waktu di Batam, jadi kalau kita berangkat jam 7.30 dan perjalanan 1 jam maka jam tiba di Singapore adalah 7.30 + 1 jam + 1 jam = 9.30. Untuk menghindari kesalahan maka disarankan untuk memutar jam tangan anda 1 jam kemuka.

Ferry akan bersandar di Pelabuhan Harbourfront, dan ketika keluar dari ferry persiapankan passport dan lembaran imigrasi arrival Singapore. Bersikap wajar saja, jangan terlalu “norak” atau “kampungan”. Biasanya orang Indonesia yang bertampang sedikit “kriminal” akan di tanya beberapa pertanyaan oleh polisi pelabuhan jauh sebelum di meja imigrasi.
Kita mengantri ke counter imigrasi, pilih ke bagian “All Passport” biasanya antrian ini yang paling panjang.
Singapore mempunyai policy untuk orang Indonesia (wisatawan) dapat masuk ke Singapore tanpa Visa, atau disebut Social Visit, dan jangka waktunya hanya 14 hari terhitung tanggal kedatangan. Lebih dari itu kita dapat terkena hukuman cabuk (sebaiknya kita hati-hati jangan kebablasan).
Setelah passport di cap oleh petugas imigrasi kita dapat melanjutkan perjalanan sesuai rencana

Tulisan selanjutnya : 2. Singapore-Phuket

Komentar»

1. Ima - November 29, 2006

Thanks f/ the info.🙂 Punya plan ke SG juga via batam. Tapi masih cari2 flight yg murah & aman neeh.🙂

2. Ikman - November 30, 2006

Airasia mungkin pilihan yang tepat dan murah, kalau tiket dibeli jauh-jauh hari mungkin Jakarta-Batam hanya Rp. 99.000. Tetapi kalau tinggal 1-2 hari harga tiket Airasia tidak jauh beda dengan maskapai lain. Selamat Liburan🙂

3. LAODE SYARIFUDIN - April 29, 2007

daerah mana saja yang sering di kunjungi oleh wisatawan di kota batam??. kalau boleh tau berapa biaya u/ pengurusan paspor n Visa serta berapa biaya sekarang batam – singapore

4. ikman - April 30, 2007

#3. Laode
Biasanya Batam bukanlah tujuan wisata utama, hanya tempat transit untuk ke Singapore. Tempat yang biasa dikunjungi di Batam atl. Mesjid Agung Batam di kawasan Batam Center. Nagoya kawasan komersial yang banyak menjual barang elektronik murah dan Jembaran Balerang yang lumayan megah.
Passport dapat diurus di Kantor Imigrasi Batam yang terletak pas disamping PLN Batam Batam Center. Biaya kalau dulu sekitar Rp 350 sekarang bisa 500-600 rb. Namun bila kita aplikasi passport di Batam harus mempunyai KTP dan Kartu Keluarga Batam.
Kenapa banyak orang yang ingin mempunyai passport yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Batam? karena dengan pasport dari Batam ini, bisa keluar negeri ke Singapore bebas fiskal (Rp. 500 rb). namun sekarang bila passport anda dikeluarkan oleh kantor imigrasi seperti Pekanbaru, Jambi, Palembang sudah juga bebas fiskal kok
Ke Singapore bebas visa hanya bawah passport saja.

5. zzz - Mei 16, 2007

halo kawan. saya ada rencana ke singapore akhir tahun ini.
yg saya mau tanyakan, apakah ada yg tau harga tiket sub-sin dengan valu air pada hari natal dan tahun baru????
juga berapa kenaikan harga hotel pada saat tutup tahun?

6. Ikman - Mei 21, 2007

#.5 zzz
Saya belum pernah terbang dari CGK ke Change direct, mungkin tulisan berikut dapat membantu 🙂

7. rahman Q_khy - Juli 25, 2007

saya Rahman dari kendari sulawesi-tenggara.
hobi saya jalan-jalan. saya ingin sekali pergi tour jalan-jalan ke singapore, adakah wisata perjalanan yang menggunakan sistem paket dan menghemat biaya perjalanan atau dengan cara mengikuti program apa saja.
terima kasih..
saya tunggu kabar balasannya.

8. Ikman - Juli 27, 2007

#7 rahman Q_khy
waduh sori, terakhir saya ke Singapore gk pake paket tour, dengan pertimbangan menghemat biaya. Terus terang kalau ikut tur justru jauh lebih mahal, memang tertulis di sana hanya (misalnya) 2 juta paket tour ke SIngapore tapi kadang dalam perjalanan ada biaya yang harus di keluarkan lagi (Fiskal, hotel, restaurant dll)

9. erlin - Agustus 13, 2007

Mau tanya donk…kalo dari Batam Centre mau ke Singapore naik Ferry, dan Ferry nya itu jam berapa aja ya??

10. Ikman - Agustus 14, 2007

#9 erlin
Banyak ferry yang melayani rute Batam Center-Harbourfront (Pelabuhan di SGP), Jadwalnya hampir setiap 1/2 jam – 1jam dimulai jam 6 am s.d 8 pm tergantung dengan ferrynya. Ferry yang terkenal adalah Penguin

11. aldy - Agustus 22, 2007

haloooooo semua, gw orang batam yang siap melayani semua pendatang yang ingin ke singapore, daripada melalui travel agent mendingan dengan gw, harga murah tapi puaaaaaaaaaaasssssss banget, gak percaya coba aja hubungi gw,+6281536076038, karena gw bukan orang sembarangan tapi kebetulan hobi gw juga travelling alias kaki jalan yang akan terpuasin deh…..info lanjut akan gw jelasin deh di telpon karna ini bukan komersial tapi just informasi okkkkk

12. Ikman - Agustus 24, 2007

#.11 aldy
Ok de terima kasih info nya

13. Wij - Oktober 8, 2007

waduh saya orang Batam juga nih ,mau tanya atau secara kebetulan ada yang mempunyai masalah yang sama dengan saya .
Setiap kali saya masuk singapore selalu di panggil masuk ke kantor Imigrasi nya ,padahal saya gak pernah buat salah tu,setiap masuk pasti di panggil dan setiap di panggil saya selalu bertanya mengapa saya di panggil masuk kantor ,JAWABAN-NYA SELALU”NAMA SAYA SAMA DENGAN YANG MEREKA CARI”,padahal no pasport kan berbeda.tapi selalu itu jawaban mereka .ya walau akhirnya di perbolehkan masuk.tapi kita kan jadi kesal menunggu sampai 1/2 jam atau bisa 1 jam .Maka belakangan saya jadi males ke Singapore .Mungkin para pembaca ada jalan keluarnya ??
Sedikit Tips saya beritahu apabila nama nya Pendek (Mis-BUDI-EDI atau apalah) pasti mereka telitih banget .Sedangkan nama saya gak mau tukar tukar alias di ganti. Terima kasih untu pembaca semuanya .

14. Ikman - Oktober 9, 2007

#13 Wij
Kemungkinan di komputer imigrasi ada semaca “clue” seperti suku kata untuk nama, seperti : -MAN, SOE-, -IWAN, -JOKO, dll, pada saat mereka entry, langsung layarnya Popping up, terus de
Ya kalau sempat ganti pasport nya aja, dengan name chiness, pasti ok de🙂

15. m1m1nk - November 12, 2007

Gak usah ganti Paspor, minta surat keterangan BEBAS CEKAL dari imigrasi cuman lupa minta dimana, istri gue pernah digituin, di CGK computer online jadi cuman 3 menit cek sudah bebas, kalo ada surat itu gak usah cek lagi, karena cek-nya musti di main computer, diajak petugas ke ujung.

16. enny - November 12, 2007

objek wisata apa saja yang menarik di kunjungi di singapore,,,,,n brp harga paket meetingnya salah satu hotel bintang 3 disingapura…please dijawab ya……

17. ronk97 - November 12, 2007

mau tnya ma bung lkman, emg kalo masuk dr batam, social visit cm 15 hr ya? beda dgn msk lewat bandara? kalo msk lwt bandra biasanya otomatis kita dksh SV 30 hr, dan cr memperpanjangya sgt mudah, tinggal nyebrang aja lg kejohor, balik hari, new entry lg di SG 30 hr. emg klo lewat BC cm dksh 15hr? pendek bgt ya?
btw gue pnya info unt para hoby treveling, dr pd nginap dihotel mending nginap di backpackers jd dl 1 ruang, ada 5-10 org yg nginap. rame bs kenalan dgn brgabai mcm suku bangsa, murah lg cm $20/mlm. unt info backpeker. ne browshing aja di http://www.thehivebackpackers.com or klo ga cari tental room di HDB nya singapore, cari aja “rent room HDB. cara ini jauhlbh murah unt tingal lama disingapore.

18. ita - November 26, 2007

salam kenal – tha
sy rncn mo ke sing lwt Btm, sktr Bln Jan 2008. Kira2 kl brp sich biaya yg hrs sy siapkan ? mulai dr Jkt ? Trus tmpt yg bgs di Sing utk foto dan belanja mrh ?
penginapan murah di Sing dimn ?

Thks bngt

19. Indra M.P - Desember 9, 2007

haloo..salam kenal ya…gw jg lagi bngung ni,rencananya mau kesingapu bulan maret,tapi smpe skrng tu msh bngung tentang biaya2nya,dari rumah smpe singapur,,niatnya c jg lewat batam jg..kl dsingapurnya gw tdur di aparment knalan gw,jd mngkin tgl urusan makan,kalo blanja2 mngkin nggk ya..kira2 butuh brapa duit ya?tlg dibales ya,,pnting banget dmi memenuhi janji,,hehehehe

20. Ikman - Desember 11, 2007

#16 enny
Untuk object wisaya banyak sekali, merlion, furlethon, clark quay, sentosa island, little indian, chinatown, dll
untuk informasi ttg hotel bisa tanya ke pak indra dengan alamat berikut http://ip.sg.or.id/2006/05/03/tips-dan-trick-ke-singapura-lewat-batam-2/

#17 ronk97
Tq for the info

#18 ita & 19 Indra MP
biaya tergantung ancer2, tiket pesawat Jkt-Batam 2 x 600 rb, fiskal 500 rb, tiket ferry 150, penginapan bisa 150 rb/malam, transport (MRT dll) 500 rb, oleh2 tergantung, makan rada mahal bisa 15 dollar sekali makan, tinggal di kalikan berapa orang dan berapa hari

21. bek - Februari 5, 2008

wah..saya lagi berpikiran buat ke spore jg mumpung lagi ada acara di batam akhir feb ini.

tx buat infonya..

22. budi - Maret 11, 2008

kami bisa mengetahui apa tidak? keberangkatan dari batam kemalaysia. atau batam kesingapore. pada tanggal 5 maret 2008. dengan nama tommy gunawan. mohon infonya, sangat membantu kami. terima kasih

23. Ikman - Maret 12, 2008

#22 budi
Mungkin anda dapat menghubungi petugas imigrasi Batam Center ttg ini. pasti ada data semua orang yang meninggalkan wilayah Indonesia pada periode itu

24. Rico - Maret 13, 2008

mau tanya dunk,itu fiskal yg 500rb benar tak????????
coz plan saya mo kesingapore dalam rangka interview,plan mo lewat batam ja lbh murah dibanding lwt udara yg mahal sekali.
kira2 budget 3jt utk 1 mgg hingga disingapore pp sampai aq jkt lg cukup tak yach???????
Tapi apakah klo pelaut juga dikenakan free fiskal.
Coz waktu itu saya ke papua new guinea dengan transit di singapore tak bayar fiskal disoekarno hatta hanya menunjukkan Foto Copy Buku Pelaut dan Copy saya pny LG (Letter Guarante)
Tku….Tolong kasih informasi..

25. nurseha - Maret 15, 2008

Alo, salam kenal.
Awal Mei selama 4 hari saya (berdua dengan teman) berencana ke Singapore via batam dengan modal doa+semangat+info dari internet. Kami sebelumnya belum pernah ke Singapore maupun ke Batam.
Dengan bahasa inggris yang terbatas, apakah kami (kebetulan perempuan semua) aman bepergian ke singapore?
Maunya sih rame2 tapi agak susah juga mencari teman seperjalanan.
Terima kasih

26. Ikman - Maret 17, 2008

#24 Rico
Yes untuk fiskal via Batam Center 500 rb. 3 juta atau sekitar 450 SGD, hotel murah bisa 30 dolar/malam, makan 25 dolar/hari, MRT 50 dollar /seminggu. bisa hitung2 de untuk keperluan lain
Saya pernah dengar utk free fiskal untuk pelaut tapi gk tahu ya untuk Batam Center, bisa tanya nanti di Imigrasi Batam Center

#25 nurseha
Wa mbak justru saya lebih takut di Batamnya ketimbang Singapore, dijamin aman de selama punya duit aja he he. Untuk bahasa Inggris gk masalah, Bahasa Melayu aja banyak kok yg bisa. Bon voyage🙂

27. Laila - Maret 18, 2008

#25 buat Mbak Nurseha gimana kalo rencana bepergiannya diundur ke tgl 17-20 Mei? Saya berencana pergi SENDIRI kesana dan ini juga pertama kalinya saya pergi ke S’pur lwt Batam, di S’pur nanti saya bergabung dgn teman2 backpacker yg duluan jalan ke Phuket tapi menghabiskan 5 hari terakhir (16-20 Mei 2008) di S’pur. Saya dah pesan tiket pesawat Mandala tgl 17 Mei take off jam 10, pulangnya blm pesan, antara mau balik lagi lewat Batam ato langsung dari Changi. Utk hotelnya teman2 saya pake suara terbanyak pilih NSS hotel.
Kalo Mbak Nurseha mau bisa saya kontak dimana nih?

28. sella - April 8, 2008

#27 buat mbak laila aku juga ada rencana ke sing tgl 16 – 20 mei.. tp tgl 17 – 19 sore ada rencana ke KL.. boleh gabung gak yaaa… NSS hotel itu daerah mana ya?? cek periode itu 16 – 20 lewat batam atau langsung ke Sing by Valueair aku itung2 cuma selisih 200rb an(inc. Fiskal),, drpd repot ya akhirnya aku pilih langsung ke Sing ..

29. Laila - April 13, 2008

#27 buat Mbak Sella, aku gak jadi berangkat sendiri, ternyata ada temen perempuan ikutan, kita gak jadi pake NSS hotel krn dah full booked, akhirnya pilih apartemen milik orang Indo di daerah Orchard Road. Tarifnya 1 KT utk berdua Sin$ 70. Kamar mandi connected to kamar sebelahnya. Kalo mau nomor telpon orangnya dia yg di jakarta bisa aja sih saya kasih

30. Nopie - Mei 10, 2008

Mas Ikman, di tulisan mas ada yg menjelaskan kalau beli tiket feri Batam-Sing di batam Centre lebih mahal = SGD 15… Lalu kalau beli yg SGD 13,5 itu beli di mana, apa tarif tsb masih sama sampai sekarang? Tiket SGD 13,5 itu Open, berarti kita gak perlu beli lagi untuk pulang dr Singapore ya? Terimakasih sebelumnya.

31. Ikman - Mei 12, 2008

#30 Nopie
Di bandara Hang Nadin, dekat Luggage claim & Pintu Keluar, bisa lebih murah ketimbang di Batam Center harbour, tiket open pp (return) jadi pulangnya kapan aja bisa.

32. Laila - Mei 21, 2008

Heeeeh…akhirnya saya ngalamin dikerjain imigrasi Batam…sebal!

33. tammy - Juni 4, 2008

kalo biaya naik train dari singapore ke malay,kra2 brp yah?
trus perjalanannya brp lm???

34. Dika - Juni 19, 2008

halo ,
saya dengar kalo sering keluar masuk batam , fiskal bisa lebih murah , apa benar yah ?

35. Laila - Juni 19, 2008

#33 kalo dari KL-Sin sih RM 70 kalo lom naik…kalo dikurs kira2 SGD 30…lamanya 5 jam

36. asty - November 13, 2008

Buat mbak Laila…..waktu ke sana jadi nggak di apertemen temennya?tus fasilitasnya apa aja….bisa minta nomor hp nya nggak?atau boleh email ke astyastuty@yahoo.com….

37. Laila - November 17, 2008

ok mbak asty….silakan cek inbox yahoonya ya

38. Agus - Januari 22, 2009

Mbak Laila…
Sori nih..
mau tanya tiket ferry batam sing skrg brp y kalo PP..
katanya udah naek lagi yah per jan 09??
Thanks infonya yah Mbak…

39. Indah - Februari 8, 2009

Mba laila nanya dong…
rencana mo ke spore lewat batam, KL bisa ditempuh dari spore PP aja kali ya…trus benernya murah mana si versi ke spore lewat batam dan direct ke changi?? apalagi sekarang kan bebas fiskal yg ber NPWP..
thanks, kl ga keberatan plis email di menote21@yahoo.com

40. mila - Maret 8, 2009

to mbak laila
maksudnya dikerjaiin imigrasi batam apa ya mbak?
ada hubungan dengan jilbab?
thx u

41. Florencia - Maret 28, 2009

mbak laila… mau tanya kalo saya pasport jakarta mau ke singapore lewat batam kena fiskal ga? katanya kalo punya NPWP bebas fiskal…suami saya punya NPWP, saya ibu rumah tangga… persyaratan apa bebas fiskal? thanks……

42. hafis - April 9, 2009

wah makin strategis ja nie batam.,..

btw gimana cieh perkembangan batam aat nie

aku penasaran bgt
bangunannya dah kayak singapur lum, yang pencakar langit

43. Ersavian - Mei 21, 2009

Sya rencananya mau ke singapore dgn backpacker, kira2 ada informasi or map ttg tourism di sing gak?klo ad dmn sya bs mdapatkannya???
Lalu ada gak losmen or motel yg ckup murah tp bagus di sing???kira2 biaya per malamnya brp y???
Thanks B4…!

44. Anastasia - November 22, 2009

Kalo mw ke s’pore ngurus pasport kira2 brp ya ?

45. norena - April 17, 2010

sekarang fiskal ke LN klo lewat batam sdh 1milion,klo dari jkt 2,5 milion apa sekarangpun klo pkai paspor batam bebas fiskal?

46. petra - Mei 22, 2010

sekarang paspor batam juga tidak cukup harus ada npwp…

47. saiful - Juli 2, 2010

berapa harga tiket batam-jakarta tanggal 10 juli 2010

48. abdul hamid - Juli 16, 2010

harga tiket jakarta-batam untuk 18 okt 2010 berapa ya??? terima kasih

49. soliman - April 26, 2011

pesawat yg keberangkatan dr jakarta ke batam tgl 1 mei 2011 it yg pagi sekitar jam2 10 an pesawat ap ya

50. ina - April 26, 2011

rencananya saya dan rombongan akan tour asia dan salah satunya akan ke singapore liburan mendatang kira2 boleh tau ga yah apa aja tempat2 yang paling ok dikunjungi serta kehidupan di sana beserta biayanya? tadinya sih ingin pulang lewat batam, tapi sepertinya ribet ya, kira2 ada penerbangan murah ga yah untuk tanggal 2 Sept? soalnya paling murah saya lihat 800rb-an, apakah ada dari antara teman2 yang tau info mengenai tiket dari singapore-jkt yang murah meriah (soalnya kami mengunjungi beberapa negara, jadi ambilnya yang one-way ticket, bisa hub saya di : ina.namaque@yahoo.com

terima kasih

51. Arif Setiawan - Oktober 25, 2012

Sebelumnya perkenalkan sayar Arif
saya ada renaca mau ke SINgapore , bisa minta info harga tiket kapal fery batam singapore batam untuk tanggal 29 desember 2012 . sebelumnya terima kasih ats infonya . sedikit informasi ini email saya arif_set1awan@yahoo.com .

52. tryptophan side effects - Agustus 9, 2014

I don’t even understand how I ended up here, however I
assumed this put up was great. I don’t recognize who you are however definitely you’re going to a famous blogger
in case you are not already. Cheers!

53. Rafael - Oktober 4, 2014

Howdy would you mind letting me know which web host
you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 different browsers and I must say this blog loads a
lot faster then most. Can you suggest a good internet
hosting provider at a fair price? Many thanks, I appreciate it!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: