jump to navigation

Perjalanan ke Kawah Putih Ciwidey Maret 25, 2008

Posted by Voip Murah in Travel.
Tags: , , , , , ,
trackback

Liburan Panjang 20-23 Maret 2008 agaknya tepat untuk dihabiskan dengan liburan ke luar kota. Bandung dan sekitarnya menjadi pilihan mengingat kota ini adalah kota wisata yang paling dekat dengan Jakarta. Meski kita menyadari bahwa akan terjadi kemacetan luar biasa mengingat kebanyakan Jakartans tumpah ruah menghabiskan liburan di daerah ini.

Kawah Putih

Perjalanan ke Bandung
Hari Kamis Tanggal 20 Maret 2008, Perjalanan dimulai dari Jakarta Pukul 9.00 pagi, dengan harapan perjalanan akan ditempuh selama maksimal 3 jam, namun apa yang terjadi, Jalan tol Jakarta-Cikampek padat merayap dimulai gerbang Cikunir, waktu yang dibutuhkan untuk dari Cikunir-Tol Sadang hampir 3 jam. Setelah mencapai tol Sadang/Cipularang arus kendaraan tidak begitu padat lagi sehingga mobil bisa dipacu sampai dengan kecepatan 100 km/jam. Sebenarnya tidaka ada kecelakaan atau kejadian yang mengakibatkan kemacetan namun karena memang jumlah kendaraan yang ada sangat banyak sehingga tidak dapat ditampung oleh kapasitas tol.

Tiba di Bandung
Tepat Pukul 15.00 tiba di Bandung, kemacetan mulai terasa kembali pas keluar Gerbang Tol Pasteur. Setelah berfoto ria di depan Gedung Sate sebagai salah satu icon Kota Bandung kemudian mencoba mencari penginapan di sekitar Jln Riau (RE Marthadinata) dan Dago. Namun hampir lebih dari 2 jam berkeliling tidak ada penginapan/hotel yang vacant semuanya full. Akhirnya rasa lapar jua yang menghentikan langkah kita dengan lunch yang sedikit terlambat di RM Ampera di kawasan Setiabudi.
Akhirnya kita memutuskan untuk mencari penginapan di Lembang, setelah cari-cari salah satu penginapan yang vacant adalah sebuah Instansi Pemerintah di sebelah Polsek Lembang dengan tarif 150 ribu/kamar dengan 3 tempat tidur.

Berendam di Malam Jumat

Setelah “settled” di penginapan beberapa teman mengajukan ide untuk naik ke atas berendam air hangat di pemandian Ciater sekitar 10 km dari Lembang. Setelah makan malam di RM Brebes di jantung Kota Lembang kita naik ke atas ke arah Ciater. Pemandian Sari ater dibelakang Masjid Biru agak ke bawah didepan kebun teh Ciater. Pass mobil masuk 5rb dan untuk mandi air panas dikenakan 30 rb/orang. Agaknya berendam tengah malam di hot spring ini dapat menghilangkan semua kecapean dan beban perjalanan hari ini. Pukul 2 am kita pulang ke hotel dan tidur dengan nyenyak

Ke Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih (7.160° S 107.40° E) yang semakin terkenal setelah dijadikan lokasi pembuatan Video clip UNGU

Saran bagi teman-teman yang akan kesana diusahakan untuk berangkat sedikit pagi dari Bandung sekitar jam 6-8 karena Kawah putih. Karena biasanya siang hari sampai ke sore kawah ini diliputi kabut sehingga hampir semua bagian kawah tidak terlihat dan suhu bisa turun sampai dengan 15 derajat. Kawah ditutup jam 5 sore, artinya pengunjung terakhir yang diizinkan naik pukul 5 namun bagi yang sudah ada di kawah bisa turun kapan saja (maksimal jam 8 malam)

Rute
Peta Kawah putihRute yang diambil adalah bila anda dari arah pusat kota Dago-Gerbang Tol Pasteur-Masuk tol ke arah Cileunyi-Keluar Tol Kopo-Belok kanan ke arah Soreang-Jalan terus sampai bertemu Ciwidey-terus naik ke atas dengan jalan yang semakin menyempit.
Untuk sarana jalan lebih mapan Tangkuban Perahu, di sini jalan menuju ke Kawah Putih, jalan penuh dengan lobang dan sempit, kadang mobil harus melambat apabila berpapasan. Apalagi ada bis yang naik/turun akan menimbulkan kemacetan.
Tiket Masuk untuk mobil 15 ribu dan 10 ribu per orang untuk memasuki kawasan kawah putih. Dari gerbang masuk ke Kawah Putih berjarak sekitar 5 km (15 perjalanan dengan mobil).
Direkomendasikan untuk menggunakan mobil dengan “Ground Clearance” yang tinggi kalau sedan dikhawatirkan akan mentok dengan lobang-lobang yang cukup dalam.
Ada fasilitas parkir di dekat kawah, dan kita harus berjalan sekitar 100 untuk mencapai kawah. Pada waktu kita tiba kawah diliputi kabut dan suhu sangat dingin, jadi hampir tidak ada yang dapat dilihat kecuali air kawah/danau yang berwarna putih kehijauan dengan endapan balerang di pinggirnya.
Satu jam agaknya terlalu lama di kawah ini dikarenakan kabut semakin menebal dan suhu terasa sangat menusuk tulang kita akhirnya memutuskan untuk kembali ke parkiran.
Sebelum berjuang untuk turun kembali, kita mencicipi bandrek dan indomie telor rebus di warung-warung dikawasan parkiran.
Jam 6 sore tepat kita turun kembali ke arah Bandung, kali ini tidak ada lagi kemacetan karena hampir semua pengunjung telah kembali. Seorang teman menyarankan untuk melanjutkan perjalanan ke Situ Patenggang dimana ada Danau/Situ dan pemandian air panas seperti Ciater.

Photo di Ciwidey

Licensi:

Photo kawah putih diambil dari http://www.panoramio.com/photo/1212434

About these ads

Komentar»

1. orchid - Maret 27, 2008

mau….ntar april ke bandung nyoba ahhhhh..btw…nice place ga ?? seharusnya kan??

2. Ikman - Maret 28, 2008

Orchid
Untuk worth si gk banget karena apa yang kita lihat dengan perjuangan (macet) tidak sebanding, lagian sarana jalan juga belum mencukupi.
Lebih baik ke Tangkuban perahu aja :)

3. uthe graziano - April 2, 2008

pak, kok tumben sih foto panoramanya ga ada. biasanya suka motret pemandangan alamnya. jadi saya khan bisa dapat referensi. atau mungkin lagi rame, jadi atmosfirnya crowded dan sumpek ,jadi bete mau ambil keindahannya. betul ga pak???

4. Gizza Putri Milanisty Aurel - April 16, 2008

saya ingin ke Bali but saya belum pernah sama sekali kesana, adakah yang mo bantu saya memberikan informasi rute-yang hrs di tempuh selama di Bali ? saat ini saya berdomisili di Pulau Kalimantan Selatan Thank’s All

5. astonara - Oktober 12, 2008

kalo dari cimahi naik motor bisa ga?
rutenya lewat mana yang aman?
di dekat kawah putih ada penginapannya ga?

Thank’s b 4.

6. Veny - November 17, 2008

mas Ikman..adakah tmpat penginapan sekitar kawah putih???? mohon infonya

7. anna - Desember 2, 2008

anna
dikit lagi mau liburan nih w pengen jalan2 with family ke kawah putih, bisa ngk kirim informasi tntg penginapan di sekitar sana beriktu harga dan route nya. ..?
arigatou.

8. astria - Desember 28, 2008

menarik ya kawah putih…,
klo naik kendaraan umum gmn ya rutenya?

9. Vera - Februari 20, 2009

Mas, sy lagi nyusun itinerary nih, rencana nginap di lembang asri, abis breakfast pengennya ke kwh putih, strawberry farm, tangkuban perahu, abis itu balik lagi ke lembang asri, kira2 dalam sehari keburu gak ya (balik hotel jam 6 sore) ? Atur rutenya yg effisien waktu gmn ya, bisa kasih saran ga ? Thanks ya, Mas.

10. Ikman - Februari 20, 2009

#9 Vera
Perlu diketahui Lembang ada di sebelah utara Kota Bandung, demikian sehingga Tangkuban Perahu+Ciater+Subang searah bisa 1 hari. Tapi Kawah Putih Ciwidey ada di sebelah Selatan, jadi dari Lembang kita turun dulu ke Bandung terus Tol Pasteur ke arah Cileunyi, turun di gerbang Kopo dan terus menuju selatan Soreang-Ciwidey, jadi kalo mao bisa aja si Tangkuban perahu udah cape2, macet2 ke atas, 5 menit turun lagi terus ke ciwidey, macet+anti, sampe di atas uda gelap Hiii serem :D

11. metanotron - Maret 19, 2009

wew….. nyasar mw ke kawah putih

12. viranty - Maret 30, 2009

Lam kenal,
Mas klo di ciwidey penginapan yg murah tp bersih, di mana ya? Sy pernah dengar di Hotel Abang, benar gak ya? Thx

13. usea - April 17, 2009

duch jd pengen niy ,,
tp lum da wktu+jalur dari cianjur lum tau wat ksn ,,
rencanaY siy mu hare mggu ngambring cuy hehehe ,,
ya mdh”n z jd,,
Aamiin…………………………..:-)

14. Wydia - April 22, 2009

MAs penginapan yang deket sama ciwidei yg murah apa ya???ada saran kah???

15. robby - Juni 16, 2009

numpang tanya yah… kalo penginapan di sekitar kawah putih yang hemat brapaan yah ….
thx buat infonya

16. ziyad - Agustus 17, 2009

wow tatutttttt…nyang benel klo ngasih alamt…
udah iiaa …byeeeee..sape ketemu di ciwedey

17. selvia - Desember 14, 2009

Wah sptnya seru tu.
Pengen bgt k sana tp ga tau jalan.
Hick… Hick…

18. winda - Desember 22, 2009

udh ada yg pernah nginap di lembang asri mountain resor ga? tlg kasi gambran dong …nyaman ga krn bw anak kecil.

19. azti - Desember 25, 2009

ga bisa naik angkot yak..?

20. budi palgunadi - Mei 15, 2010

trim’s info ini membantu kami menuju kawah putih ciwidey.

21. boen - Mei 25, 2010

kal dari jakarta keluar’a ttep kopo khan……….
truzz ambil arah mana tuh…….?

Ikman - Mei 25, 2010

keluar kopo, ke arah Soreang Kab Bandung, terus Ciwidey, gk kesasar kho, banyak penunjuk Jalan

22. silverina - Agustus 26, 2010

kira2 akomodasi by bus jakarta-ciwidey dan jajan habis berapa yagh?untuk per org??

23. orchid - Agustus 26, 2010

dear, all

info terakhir yang saya tau ttg kawasan kawah putih, ciwidey sungguh tidak mengenakkan.. tiket obyek wisata disana sekarang mahal luar biasa..2 org bs diatas 100rb, pdhl dl per kepala cm 5-10rb :(

pdhl bagus disana

24. nurul - September 30, 2010

mohon infonya, tanggal 2 jan 2010, kami guru2 tk, mau ke kawah putih, sekitar 27 orang. maklum karena guru, ya cari tempat penginapan juga yang murah….bisa masak….dan berapa ya tiket ke kawah putihnya…? terimaksih, kami tunggu ya

25. joe - November 11, 2010

beritanya koq gantung sih mas…hehehe
gw udah kesana juga…keren loh :)

26. Livia_Jazzy..... - Desember 24, 2010

keren…!!!

27. Livia_Jazzy..... - Desember 24, 2010

I LOVE JUSTIN DREW BIEBER…….

Ex_biggest fans:
Livia Fitrianti (Jazzy)

28. sawira atmaja - April 29, 2011

insya alla ana sabtu besok beranggkat kesana……moga selamat doakan ya

29. yeni - Agustus 4, 2011

hotel terdekat kawah putih d mana ya yg murah…tolong bantuannya…
thx be4……….

30. nia - Agustus 18, 2011

so,…lets rock n rolll

31. Bujang - Oktober 16, 2011

hotel terdekat kawah putih d mana ya yg murah…tolong bantuannya…
Oh yah kalau mau ke kawah putih harus bawa kendaraan yah…? bagi pejalan kaki efektif ngak…? mohon info nya…

thank’s b4

spicypizza - Agustus 18, 2012

yg naik angkutan umum bisa juga kok..karena disana ada ojek yg akan mengantar kita sampai ke atas memang agak mahal sih tapi yaah..daripada jalan kaki :p

32. Bontot Feather - Desember 28, 2011

insya’allah ane ma temen2 sabtu depan tgl 31 des beranggkat kesana,,……moga selamat. doakan ya

Oh yah kalau tiket masuk per org wat tahun baru brpa ya…? mohon infonya ya aGan . . .

33. hengky - September 4, 2012

INFO DONG DI CIWIDEY HOMESTAY BISA MENAPUNG 200 ORANG BULAN NOVEMBER 2012 apa nama homestay nya ?? bisa hubungi ak hengky 085814267471

34. nuke - Januari 6, 2013

Hi..makasiy ya maren dr halaman ini sy dpt masukan ttg rute k ciwidey.. So ini share saya ttg kawah putih.. Sy ksana ikutin rute dr page ini.. Keluar tol kopo, ke arah kanan – soreang..lurus terusss ikutin jalan sampe ciwidey… Nanya2 dikit klo kira2 ragu pas ketemu pertihgaan :) .. Mayan jauh tp jalan relatif bagus koq.. Apalagi pemandangannya cihuy juga… Ini catatannya y smoga membantu….
1. Sampe di gerbang, langsung bayar Tiket masuk 17rb per orang. Klo mau pakai mobil sampai ke kawah putih, mobil kena charge 150rb. Krn gak rela kena charge sgitu saya akhire parkirkan saja mobil di parkiran dkt gerbang masuk. Beli tiket masuknya di konter yg di parkiran. Sekalian bayar tuk naik angkutan ke kawah 10rb/PP per orang. Angkutannya berupa mobil angkot yg dah dimodif spt mobik tur keliling di TMII.. Naiknya antri sesuai kapasitas mobil. Sampai di kawah nti turunnya ya tinggal naik lagi angkutan yg dah siap turun…
2. Penginapan di jl raya menuju lokasi ada banyak juga.. Maaf g sempat catat notelpnya.. Yg terdekat tuh EMTE. Lokasi persis di pertigaan sblum belok ke kawasan kawah putih. Disana ada pemandian air panas jg.
3. Untuk tempat makan, sy bisa rekomendasikan saung andir. Lokasi kiri jalan, di jalan raya soreang.. Kira-kira 12km sblm kawah putih. Disini tempat makan brupa saung..namun harga makanannya sangat merakyat…saya makan ber-4, pesannya 1 gurame gledek,1tumis tahu toge, 3tahu goreng, 3 tempe goreng,4 nasi , jus 3macam, capucino..cuma bayar 121rb. Murah khaann ???
4. Bawa jaket tebal yaaaa… Saya agak oon nih..ga sadar kalau mau ke gunung, jd semua g bawa jaket. Akhire disana sewa jaket 20rb/ptg. Sewa payung juga 10rb/pc krn gerimis. Krn gerimis gede, beli masker 5rb/2pcs ga terpakai sebab bau belerangnya ga ada terhapus gerimis…klo terang, siap2 aja bawa masker spy bau belerang g mengganggu ekspresi saat difoto :)
5. Kamera bawa juga pastinyaaa… Klo pas ga hujan spt kemarin, pasti keren deh hasil fotonya… Apalagi foto di depan pohon2 ituuu..serasa di film winter sonata :)
6. Harusnya dr kawah putih bs lanjut ke ciwalini/cimanggu pemandian air panas trus ke situ patenggang… Tp kmrn sy lupa.. Jdnya langsung turun… Cuma mampir di factory outlet-nya Hilon di kopo. Pabrik kasur busa gitu.. Jd ya Belanja bantal guling sprei..daleman sprei/duvet sama bantal cinta Hehehe… Out of topic ya… Oks oks slamat jalan jalan.. Smoga sedikit catatan ini bs membantu… Sy akan ksana lg soale msh penasaran blm dpt hasil foto yg keliatan jelas kecantikan kawahnya…

35. lsei - September 4, 2013

info diklat dan ujian sertifkasi klik di http://www.lseitraining.org

36. sonbilly - Oktober 10, 2013

jadi pengen kesana nih…

37. cea2cuitz - Mei 5, 2014

info penginapa


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: