jump to navigation

Tips menjalankan Google Earth Februari 25, 2008

Posted by Voip Murah in Tips.
Tags: , , , , ,
trackback

Sesaat anda di Paris kemudian terbang ke hutan tropic di Amazon Amerika Selatan. Memandangi Piramid Giza yang memukau tiba-tiba anda terbang melesat ke genangan banjir sepinggang di Kota Jakarta….Atau ingin melihat bagaimana bentuk rumah kita dari satelit? Atau bagi backpacker/traveller melihat selak beluk kota yang akan dikunjungi, mengetahui lokasi hotel, airport, stasiun MRT, dll..

Apakah cerita di atas sebuah mimpi atau lamunan? tidak, 100% tidak ini adalah kenyataan walau sifatnya adalah virtual travel menggunakan salah satu software gratisan (freeware) dari Google salah satu penyedia layanan mesin pencari (search engine) dunia yang sangat terkenal.

Apa itu Google Earth ?
Adalah software yang menyajikan globe dunia virtual yang menggabungkan beberapa sumber yaitu dari photo satelit, photo udara dan Sistem Geographic 3D. Software ini dibagi menjadi 3 bagian menurut license-nya:
- Free Version (gratis) dengan fasilitas terbatas
- Google Earth Plus dengan beberapa fasilitas tambahan (US$ 20/tahun)
- Google Earth Pro untuk kebutuhan komersial seperti perencanaan pembangunan bendungan, airport, tower listrik yang membutuhkan photo udara yang akurat (US$400/tahun)

Bagaimana mendapatkan Google Earth (GE)?
Untuk mendapatkan software GE free caranya sangat mudah tinggal klik ke situs berikut http://earth.google.com/download-earth.html . PC anda akan mendownload setup file dengan kapasitas sekitar 14 MB dengan lama waktu download tergantung dengan koneksi internet yang anda gunakan. Setelah download selesai anda klik 2x file setup dan ikuti semua instruksi sampai proses instalasi selesai.

Apakah PC saya bisa menjalankan GE?
Untuk dapat menampilkan image yang bagus spek minimum PC yang digunakan sbb:
• Operating System: Windows XP
• CPU: Pentium 4 2.4GHz+ or AMD 2400xp+
• System Memory (RAM): 512MB RAM
• Hard Disk: 2GB free space
• Network Speed: 768 Kbits/sec (Dial up: telkomnet, GPRS tidak rekomen, bikin frustasi, lambreta bgt. Speedy dan 3-G boleh lah)
• Graphics Card: 3D-capable with 32MB of VRAM
• Screen: 1280×1024, “32-bit True Color” screen
• Keyboard & mouse
Detail info

Bagaimana menentukan koordinat?

Pada waktu kita SMP/SMA dulu munkin pernah belajar menentukan koordinate dan bagaimana dunia dibagi menjadi Garis lintang dan Garis Bujur (detail)
300px_Coordinates

Garis Lintang (Latitude)
Garis ini adalah garis yang membelah bumi secara vertikal (tegak). Dimulai dari garis tengah bumi (equator/katulistiwa) 0° Dari equator ke atas disebut Lintang Utara 90°N (North) pada kutub utara dan ke bawah disebut Lintang Selatan 90° S (South) ada kutub Selatan. Garis Lintang ini biasanya digunakan untuk menentukan perbedaan musim, tropis (equator), sub tropis, dan dingin (mendekat ke kedua kutub).
Penulisan biasanya dengan memberi simbol derajat : 10° N atau 12 °S tapi untuk GE biasanya ditulis 10 (untuk North/Utara) dan -12 (untuk South/Selatan).

Garis Bujur (Longitude)
Garis ini membelah bumi secara horizontal (Barat ke Timur/West to East) dari Kanan (West) ke kiri (East). Titik mulai 0° West adalah di di Kota Greenwich dekat London Inggris. Garis Bujur ini biasanya digunakan untuk menentukan perbedaan waktu. Sehingga dikenal GMT + 7 (Greenwich Mean Time) untuk WIB yang berarti pada saat WIB Pukul 7.00 pagi, GMT pukul 00.00

Penulisan Koordinat
Penulisan koordinat suatu titik di bumi adalah pertemuan dari Garis Lintang dan Garis Bujur.
Contoh Kota Jakarta terletak di 6° 7′ 59.88″ S, 106° 45′ 0″ E (Titik Lintang, Titik Bujur) . Untuk entry ke GE koordinat ini ditulis sbb -6 7 59.88, 106 45 0. Ada spasi antara derajat, menit dan detik dari koordinat, tanda minus pada titik lintang menandakan South (Selatan).
Contoh lain koordinate Patung Liberty di USA 40°41’23.24″N, 74° 2’43.31″W,
ditulis 40 41 23.24, -74 2 43.31 tanda minus pada titik bujur menandakan West (Barat).
Ada beberapa cara penulisan koordinat lain seperti dalam bentuk desimal, UTM dll tapi sementara ini cara ini yang termudah untuk menentukan koordinat di GE.
Saya yakin 1 dekade yang akan datang penulisan alamat akan menggunakan koordinat ini mengingat sangat akurat dan unik untuk setiap titik di bumi ini. Jadi kalau kita ditanya alamat rumah cukup sebutkan deretan angka di atas. So simple isn’t it? Tidak perlu lagi RT sekian, RW sekian, Jalan anu, Kelurahan itu. Sehingga lagu “RT 5, RW 2, 10 nomor rumahku, Jalannya….” tidak didengung-dengungkan lagi.

Menjalankan Program GE

Cukup mengklik icon Google Earth di desktop anda, dan periksa kembali koneksi internet anda terhubung, karena GE ini sifatnya online apabila pada waktu boot program dideteksi tidak ada jaringan internet makan program ini akan memberikan warning.

Tampilan
Google Earth Front pageTampilan software GE terdiri dari peta bumi dengan tombol navigasi menggunakan mouse, klik mouse kiri untuk mengeser/memutar bola dunia ke kiri-kanan, atas-bawah. Untuk Zoom in, gunakan Tombol Tengah Mouse geser ke bawah. Zoom out, Tombol Tengah geser ke atas.
Dari setiap bagian image yang tampil dilayar monitor anda, GE akan men-streaming dari 0% (gambar kelihatan kabur/tidak detail) s.d 100% (gambar jelas). Lama streaming ini tergantung dengan koneksi internet anda.
GE mengambil photo satelit/photo udara secara berkala, sehingga image yang disajikan tidaklah realtime, bisa jadi image itu diambil beberapa bulan/tahun yang lalu tergantung dengan seberapa penting lokasi ini.
Untuk kota seperti Jakarta, Singapore, Newyork dll anda dapat melihat dengan jelas/detail sampai dengan ketinggian 10 m, namun untuk lokasi pedalaman bisa jadi gambar yang tampil tidak jelas (kabur) ini karena satelit tidak memphoto lokasi itu dengan detail.

Berapa lama PC saya men-streaming image?
Ini sangat tergantung dengan koneksi internet anda, bila anda menggunakan lease line dengan kecepatan lebih dari 100 kbps, streaming image bisa 2-5 detik dari 0-100%, namun bila menggunakan dial up < 56 kbps bisa jadi lebih dari 5 menit.

Navigasi

Tombol Navigasi

Bila anda tidak mempunyai mouse dengan tombol tengah dapat menggunakan Display Navigasi di sebelah kanan atas tampilan GE. Untuk Zoom In anda cukup klik pada tanda (+) dan zoom out pada (-), Sudut pandang juga tidak selalu dari atas 90° tegak lurus tapi bisa “tilt”(miring) sehingga ada kesan 3D dengan klik pada tombol Tilt ke kiri- kanan.

Search

Search Jakarta

Anda dapat mengetik kota atau lokasi yang akan dituju ke menu Search kemudian klik icon “kaca pembesar”. GE akan mencari beberapa alternatif tempat yang anda maksudkan, anda dapat memilih tempat yang anda maksudkan.

Dapat juga memasukkan koordinat pada menu Search. Copy dan paste koordinat Patung Liberty di atas 40 41 23.24, -74 2 43.31 maka GE akan mencari lokasi sesuai dengan koordinat yang dimasukkan. Anda akan melihat tampilan lokasi dimana Patung Liberty di Newyork berdiri
Search coordinate Liberty
Search Liberty Island

Dari setiap lokasi yang pernah dikunjungi akan terdaftar di dalam list pada Menu Search. Untuk mengunjungi kembali anda tinggal klik 2x lokasi tersebut. Namun list ini akan hilang bila GE di shutdown

Place
Places

Semua lokasi dan koordinat yang pernah dikunjungi akan terdaftar dalam menu place, dan list ini tidak hilang walau GE dishutdown.

Layers
Layers

Menu layers terdiri dari Core (layer utama GE) dan All layers sesuai dengan layer yang diaktifkan seperti Geographic web eg. Panoramio, Wikipedia, Road/Google map, 3D Building (gedung icon dunia tampil secara virtual), dll.
Dimulai Tanggal 20 Maret 2008, beberapa kota besar di Indonesia,seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Bali telah tersedia Google Map. Fasilitas baru ini akan lebih mempermudah untuk meng-eksplore kota-kota sampai ke detail jalan dan gang. Sebelumnya hampir semua kota di Amerika, Eropa dan Singapore telah tersedia Peta (Google Map) dengan nama jalan dan tempat secara detail sehingga untuk persiapan travel atau mencari alamat anda dapat memasukan alamat atau nama jalan ke Menu Search dan GE akan otomatis menemukan alamat yang anda masukan.

Cookies
Semua lokasi/image yang pernah dikunjungi akan disimpan di cookies/Internet Temporary files PC anda sehingga bila anda membuka lokasi yang sama dikemudian hari, image akan langsung tampil tanpa harus di “streaming” dulu.

Menanda Lokasi/Marking a position
Pointer Anda dapat menandai lokasi sesuai dengan menggunakan “pointer” icon pin kuning yang terdapat di icon bar di atas.
Arahkan pointer ke tempat yang dikehendaki, akan muncul window dimana anda dapat menuliskan nama lokasi tersebut. Lokasi yang ditandai ini akan tersimpan di list “Places”

Tampilan 3D
Newyork 3D tiltSecara virtual GE dapat menampilkan kontur bumi secara 3 Dimensi, seperti gedung bertingkat (landmarks), gunung, menara dll secara virtual.
- Centang 3D Buildings pada Menu Layers
- Cari lokasi yang dikehendaki
- Klik tombol “Tilt” navigasi kanan atas pada sehingga anda akan merasakan pandangan anda “turun’ dari tegak lurus menjadi sedikit miring. Apabila kota/lokasi yang dipilih telah ada 3D Building maka anda akan melihat gedung pencakar langit dan landmark lain.
- Ketik New york pada Menu Search, anda akan dibawah ke Kota Newyork, pilih lokasi yang dikehendaki seperti disekitar patung Liberty atau ex gedung WTC, kemudian klik Tombol Navigasi Tilt sehingga anda dapat melihat gedung 3D.
- Apabila koneksi internet anda agak lambat, anda harus menunggu sebentar sampai semua gedung tertampil di GE.

Photo
Panoramio_PhotoDari setiap lokasi di GE, kita akan menemukan tanda bulat biru apabila di klik akan menampilkan photo kontribusi dari seluruh dunia. Feature ini dikelola oleh site bernama Panoramio
Anda dapat juga menyumbang photo hasil jepretan anda pribadi disini sehingga seluruh orang didunia dapat menyaksikannya.

Bagaimana Memasang Photo di GE/Panoramio?
Panoramio bekerjasama dengan GE dengan menampilkan photo dari user panoramio di semua lokasi di GE. Walaupun kadang kita harus menunggu 1 bulan s.d setahun untuk melihat photo yang kita upload ditampilkan di GE, hal ini dikarenakan setiap hari panoramio menerima ribuan photo dan photo-photo ini harus diseleksi sehingga tepat untuk ditampilkan. Photo yang diupload adalah photo view dari lokasi yang bersangkutan dan bukan photo diri (mejeng) dilokasi tersebut.

Bagaimana register ke Panoramio?

Panoramio_Sign_up Anda klik ke site panoramio
bila anda belum mempunyai account panoramio, dibutuhkan untuk Sign Up dulu dengan meng-klik icon Sign up dengan mengisi email, user name dan password.


Panoramio_setting Untuk menambah informasi personal anda dapat meng-klik “Setting”.

Bagaimana meng-upload photo?

1. Klik “Upload”, akan tampil windows Upload your photos, Klik Browse untuk mengambil photo dari direktori PC anda. Disarankan ukuran photo Panoramio_Upload1tidak lebih dari 600 px width karena semakin besar ukuran photo, semakin lama waktu upload dan download oleh user GE. Ukuran photo tidak selalu harus proposional (600 x 450 px), bisa saja dengan ukuran panorama (600 x 250px) tergantung dengan lokasi yang diphoto.

2.Ketik Nama Photo pada “Title”

Panoramio_Raffles1

3. Menentukan lokasi photo ini klik “Map this photo”.
Akan tampil Map this photo dengan field : City or Place. Anda dapat saja memasukan nama kota seperti “Jakarta” namun ini sangat lah umum/luas sehingga anda harus mencari kembali ke lokasi yang spesifik dimana photo ini diambil.

4. Cara termudah untuk menentukan lokasi photo ini a Panoramio_Raffles_Coordinate_GEdalah dengan melihat ke GE, anda cari koordinat photo ini. Klik Pointer dan arahkan pointer ke exact location photo.


About these ads

Komentar»

1. erast - Maret 18, 2008

software yang real time kira2 ada gak bos?

2. fendavilla - Mei 4, 2008

hii..
mas, g mau nanya..
kog goole earth gw ga ada gambar buminya ya?
pas buka, hanya ada langit hitam penuh dengan bintang doank…
tolong dijawab ya…
kirimkan ke 085654691822

3. arisma - Juni 3, 2008

Bisahkan GE dibuka tanpa harus ter-konek ama internet.

oneng - Agustus 3, 2011

bisa don, tp bukx dari bulan

Rastafara Jamaica - September 30, 2011

ckckckck….

fahmi - Mei 6, 2014

bisa .. sekarang udah ada GE yg gak usah pke internet ..

4. aigis - Juli 20, 2008

@fendavilla sama neh kenapa yah gak keluar gambar buminya sedih deh.. udah dapat belom jawabanya sharing disini dong biar kita pada tau

5. sunu - Juli 23, 2008

ada koq gambar buminya..coba ditunggu dulu sebentar mungkin koneksinya lambat..

6. roy - September 4, 2008

Kenapa nama2 jalan di kota2 di Indonesia belakangan ini tidak muncul ? Mhn info

7. capsoel - September 10, 2008

@atas
mungkin lo masuk ke mode galaksi bukan ke mode earth

mato - Oktober 20, 2009

apa nggak bisa google eart secara real time ya

8. tia - Oktober 12, 2008

Kenapa nama2 jalan di kota2 di Indonesia belakangan ini tidak muncul ? Mhn info & bagaimana cara memunculkannya lagi…?.:)

9. wahyu - November 3, 2008

saya ingin membagi tempat-tempat yang saya kunjungi di google earth untuk anak didik yang sebagian besar tidak punya koneksi internet, file apa yang harus dicopykan untuk mereka. Terima kasih

10. wiwin - November 17, 2008

gimana cara membuat lokasi yang kotak2 putih di GE itu ya..bagi pengetahuannya donk

11. Slump - Januari 13, 2009

sampe sekarang gak berhasil makenya…
bingun abis. padahal kan pengen liat rumah emak hiks

12. Ikman - Januari 14, 2009

Iya sekarang road & map khusus di Indonesia telah dihilangkan, sedih de :(

13. abi fazya - Februari 7, 2009

ada yang tahu apakah google secara resmi menyatakan menghapus detil peta jalan di indonesia?
apakah memang petanya yang dihapus atau pengakses yg asalnya dari indonesia diblocked untuk melihatnya?

14. ochid - Februari 7, 2009

saya juga mengalami hal yang sama nih, untuk pulau jawa saya nggak bisa, ilang nama2 jalannya, tapi untuk pulau bali masih bisa, aneh kan? oya saya tinggal di swiss, berarti emang semua ya….kirain cuman saya aja…..makasih mas ikman

15. Ikman Putra - Februari 9, 2009

iya sekitar setahun yang lalu, hampir semua kota besar di indonesia sdh tampil map sampai jalan2 kecil, tapi sekarang sudah gk ada lagi

16. Herman - Februari 11, 2009

pagi

saya sudah mencoba beberapa kali menginstall GEnya tapi selalu error
bagaimana mengatasinya?
thanks.

17. Ikman - Februari 11, 2009

#16 Herman
Coba install GE di komputer lain, mungkin ada bug pada pc anda

18. Ndoro Bey - Maret 25, 2009

udah tak install,tapi kok tetep ga muncul yach.

cara simple nya gmn nih???

19. Syamsuardi - April 7, 2009

saya belum ngerti baik… tolong di jelaskan secara detail cara mencari kampungku.walau di ketik tetap tidak di temukan. kirim ke emailku ya

20. Ikman - April 7, 2009

tergantung mas, kalo kampungnya sudah terkenal, atau ada orang lain yang pernah memasukan nama itu di Google earth, anda cukup mengetikan kata kunci itu di “searc’ namun kalau belum kita harus cari dulu, misalnya mao cari Ungaran, maka kita harus ke Semarang dulu terus geser mousenya ke selatan dst

21. Ikman - April 7, 2009

Sekilas info
Per Maret 2009, map jalan-jalan di kota-kota besar di Indonesia telah muncul kembali di GE, tidak info sampai kapan mudah-mudahan seterus mengingat fasilitas ini sangat membantu

22. sagata arch - April 14, 2009

jasa arsitek. geratis desain masjid

23. Natus - April 26, 2009

Siang mas.
Waktu saya cari lokasi rumah saya kok tampilannya menjadi kabur. Trus gimana cara mengatasi hal ini.
Terimakasih banyak plus kalau pencerahannya di kirim ke email saya.

24. yuyun - Mei 24, 2009

bagaaimana mendownload GE versi 4.3 karena yang saya pakai saat ini versi 5.0 thanks

25. boyng - Juli 6, 2009

di googleearth itu tidak semua lokasi bersih gambarnya, gbr yang bersih biasanya kota2 besar, tempat wiasata terkenal terutama dinegara maju sono. tapi kalo indonesia msh byk loaksi yg msh kabur terutam yg ndeso. syukur2 kl ksmpung kita bersih

26. bhey - Agustus 5, 2009

hellooo……
entah apa yg dipencet2 temenku..tiba2 aja tampilan kota singapura,batam dan west outer port limit berkotak2 hingga ke sumatera,kotak2 berwarna hijau,kuning dan biru…
gemana cara balikin ke default ya?????

bhey batam

27. bhey - Agustus 5, 2009

hahhahaaaaa

jadi malu gw,(bego mode:on)
ternyata kotak2 itu adalah spot image satelite hahahhahahhaahaa
setelah gw un-contreng di toolbar,ilang semua kotak2nya..hahhahaha
rupanya ntu kotak2 menandakan cakupan yg terekam oleh satelite

bravo bravo

28. Anna Nurhasanah - Oktober 9, 2009

selamat pagi ^_^
nanya yah…
hmm.. saya sudah install GE.. trus sebenarnyah mau nanya 70 LU 97 BB 72 LS 154 BT tuh di daerah mana yah?? GE bisa tau itu daerah mana gak yah?? penting euy buat tugas..
makasi ^_^

29. Ikman - Oktober 12, 2009

70 LU 97 BB = -97 00 00, 70 00 00
72 LS 154 BT = 154 00 00, -72 00 00
coba di paste ke GE, harusnya bisa

30. dihya - Desember 3, 2009

bisa nggak petanya dieksport ke jpd, bmp dll, sesuai peta tujuan kita thnks

31. Ikman - Desember 3, 2009

#30 Dihya
Caranya muda, pada saat monitor memuat peta yang di maksud, klik Icon Hide Sidebar, maka kita akan mendapat tampilan full screen dari peta. Kemudian tekan Print Scrent button di keyboard dan paste di Paint atau program sejenis Save as JPG atau BMP, as simple as that

32. badrul - Februari 13, 2010

kok ssh sh mas u/ menginstal nya?? sdh bebrapa x gagal mlu,,
dn terdapat vrus d program nya.
mnta tlng dong cara nya??

gogon - Maret 20, 2010

oalah..nginstall aja kok susah..orang buatnya bisa..downoad->install->jalankan.

33. Totong Yadi - April 12, 2010

G.E bisa melihat muka orang lain ketika di akses apa bener gak..? ada yang tahu kalau kita mau ikut kontribusi ke G.E ada cara lain gak..?

bagaaimana mendownload GE versi 4.3 karena yang saya pakai saat ini versi 5.0 thanks

jawab: versi tersebut bisa di download serching aja di google.com pasti ada.

34. Totong Yadi - April 12, 2010

kok ssh sh mas u/ menginstal nya?? sdh bebrapa x gagal mlu,,
dn terdapat vrus d program nya.
mnta tlng dong cara nya??

jawab: pastikan ketika menginstall koneksi internet tersambung (kalau file donlotan) kalau gak bisa juga coba dulu di kompi yang lain.

35. ardhi - Juni 21, 2010

mas kalu mau memasukkan hasil edit dari google earth ke website gimana ya?? plis bls ke emailQ ya..

36. andar - Agustus 18, 2010

mas..g mana cara mengakali google earth pro pake lisensi berbayar tu… kalo d suruh bayr moh aku,,, bagi dong kalo ada, n setngan na kyak mana biar setngan na g ktahuan ama ge

37. Muhammad - Desember 6, 2010

bagi yang nggak bisa nginstall google earth pake aja Wikimapia.

38. eko - Maret 23, 2011

siang mas,,,gmana carax mendapat gamabar google terbaru 2011,,trims

39. isnaini Nurdin - Mei 15, 2011

kok upload foto lewat panoramio udah masukkan koordinat tempat yang di dapat dari GPS begitu di klik map this foto, tempat dengan koordinat segitu selisihnya ratusan kilo meter? padahal di GE udah benar.. apanya yang salah ya? mohon jawabannya!! trims..

40. Wahyu Baranto - April 23, 2012

Bagaimana cara mencari koordinat di google earth berdasarkan data GPS? Krn korrdinat GPS menggunakan koordinat x,y bukan lintang & bujur? Thanks

41. Ivan - Juni 29, 2012

Ada yg tahu egak cara masukin titik koordinat pada GE?? gw mau masukin lokasi bendat gw pada koordinat tersebut agar kalo di search bisa langsung muncul bendanya…
ada yg tahu gk kk?? tlong bantuannya… :)

42. arifin - Juli 8, 2012

mas kenapa Google earth ane malah mintak lisensi
ane gak tau lisensinya apa

43. savira nurwita - Juli 24, 2012

ini benarkan tentang garis lintang dan garis bujurnyaa…

44. Hosting Indonesia gratis - Agustus 16, 2012

Meskipun dapatnya yang gratisan juga mesti disyukuri.
Belajar memaknai hal yang kecil, karena hal-hal besar bermula dari yang kecil.

45. Sixpack - Juli 2, 2013

Yes! Finally something about enhanced.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: